Studio Musik Bertema Industrial di Rumah Musisi Tesla Manaf

studio musik

Ruang fisik bisa membangun kesan yang bersifat non fisik melalui elemen-elemen yang hadir di dalamnya, tidak terkecuali ruang studio musik. Ruang studio musik yang didesain di dalam rumah, tentunya tidak hanya memberikan kenyamanan, tapi juga bisa menstimulus kreativitas musisi yang berkarya di dalamnya. Mengingat studio musik adalah tempat musisi mendapatkan inspirasi dan berkarya, ruangan sebaiknya juga dirancang untuk merangsang produktivitas. (Baca: Peran Desain Studio Musik terhadap Kreativitas Musisi )

Tesla Manaf seorang musisi yang baru saja kembali dari perjalanan tur ke Jepang untuk mempromosikan album A Man’s Relationship With His Fragile Area ini membuat studio musik di dalam rumahnya sendiri. Gitaris musik instrumental asal Bandung itu memberikan tema khusus dalam merancang interiornya, yakni industrial. Ia mengolah bahan bekas yang sudah tidak terpakai dari pabrik kemudian didaur ulang untuk perabotan rumah. “Untuk hiasan sendiri saya banyak menggunakan kain khas dari tiap daerah di Indonesia dan dari khas negara lain pula seperti Turki, Korea dan Jepang.” ujar pria kelahiran 29 Agustus 1987 ini.

studio musik

Isi dalam studio musik Tesla seperti studio pada umumnya, seperti adanya alat rekaman, yaitu komputer, soundcard, mic dan alat-alat musik yang dibutuhkan. “Yang paling penting menurut saya itu hal-hal kecil yang membuat kita merasa di rumah bukan di ruang kerja. Seperti karpet yang saya gantung di dinding. Selain berguna untuk akustik ruangan, berguna pula untuk memperindah pandangan. Dengan begitu kerja sekeras apapun tetap berasa melakukan perkerjaan ringan.” lanjut Tesla.

studio musik

Tesla Manaf mengaku sering mendapatkan “AHA!” momen di studio yang tiba-tiba menggerakannya untuk membuat sesuatu. Meski begitu, terkadang ia juga mengalami kebuntuan.  “Studio yang bagus tidak menjamin kreativitas seseorang. Biarpun masih dalam tahap berkembang (studionya), yang saya utamakan itu bagaimana caranya saya betah kerja 20 jam sehari tanpa bosen sedikitpun sama rumah studio ini.”

studio musik

studio musik

studio musik

studio musik

studio musik

LEAVE A REPLY