Sudah Sesuaikah Ukuran Ruang Anda?

Banyak hal yang mempengaruhi ukuran ruang. Hal yang paling berdampak dalam menentukan besar ruang adalah luas lahan yang tersedia. Akan tetapi, bukan berarti dengan lahan yang sangat luas Anda kemudian membuat ruang yang sangat besar. Lalu, apalagi yang menentukan besar ruang?

Fungsi

Salah satu hal yang paling sering digunakan sebagai penentu besar ruang adalah fungsi ruang. Berbeda fungsi, berbeda pula ukurannya. Dalam arsitektur, ada beberapa standar yang sudah dibuat sebagai patokan ukuran ideal suatu ruang berdasarkan fungsi. Salah satu standar tersebut dibuat oleh Ernst Neufert.

Sistem Skala Alami

Pernah ke Bali lalu melihat ukuran pintu rumah tradisionalnya yang beragam? Ukuran pintu tersebut dibuat berdasarkan ukuran tubuh pemilik rumahnya. Sistem ini dirangkum dalam Asta Kosala Kosali. Sistem ini juga diterapkan dalam menentukan besar ruang.

Tidak hanya orang Bali saja yang menggunakan skala alami ini dalam membentuk bangunan. Le Corbusier, salah satu arsitek modern, mengambil ukuran tubuh manusia sebagai patokan dimensi dalam merancang. Baginya, hal ini bertujuan untuk mewujudkan ‘universal harmony’ dalam rancangannya. Sistemnya kemudian dikenal dengan nama Modulor.

Pengalaman Ruang

Seseorang yang tinggal dalam hunian yang sangat besar sekalipun akan membutuhkan ruang dengan ukuran yang kecil. Ada beberapa alasannya, kecukupan, kompak, keamanan, dan privasi. Hal ini terkadang dilupakan saat menentukan besar ruang.

Anda pasti akan merasa lebih lega saat ditempatkan di ruangan yang besar. Akan tetapi, saat beraktivitas, Anda akan tahu bahwa ruang yang lega tersebut bisa terasa terlalu lega.

Suasana

Untuk menghasilkan suasana yang diinginkan, besar ruangan tentu berpengaruh pula. Ruang keluarga kerap dirancang dalam ukuran yang besar dengan alasan akan digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, suasana intim juga dibutuhkan dalam ruang keluarga. Suasana intim tersebut pasti lebih terasa di dalam ruangan dengan ukuran yang lebih kecil.

 

SHARE
Previous articleBeda Ruang, Beda Juga Pencahayaannya
Next articleShabby Chic dengan 10 Langkah
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

LEAVE A REPLY