Sylvie Arizkiany Salim : Kenalkan Keindahan Seni Rupa Islam

Melalui eksplorasi Islamic Geometric Pattern yang diterapkan pada desain produk-produk elemen interior bergaya modern, Sylvie Arzkiany Salim mencoba memperkenalkan keindahan seni rupa Islam kepada generasi muda. 

Seni rupa Islam memiliki peran yang besar di dalam perkembangan seni rupa modern. Keindahan seni rupa Islam mampu menginspirasi banyak orang di dunia, termasuk bagi sosok perempuan yang akrab disapa Sylvie. Ketertarikan Sylvie terhadap bidang seni rupa Islam bermula ketika di tahun 1996 ia mengerjakan tugas akhirnya di Jurusan Desain Interior, Universitas Trisakti, Jakarta. Saat itu, ia mulai mempelajari dan mengeksplorasi seni rupa Islam.

“Islamic Geometric Pattern itu terbagi ke dalam tiga kategori yaitu kaligrafi, geometri, dan Islami atau Arabes. Ketiga kategori itu sebagai pengingat bagi penikmatnya akan kebesaran Allah SWT,” ujar Sylvie saat ditemui Griya Asri di Studio Lab-nya yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Sylvie memilih Islamic Geometric Pattern sebagai fokus eksplorasi desain dan pengetahuannya. Sylvie melihat Islamic Geometric Pattern layaknya “Asmaul Husna” (Sifat-sifat Allah SWT) yang tidak berawal dan berakhir, saling bertautan. Baginya, desain adalah sesuatu hal penting yang hadir di dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan kualitas hidup, baik secara fungsional maupun secara edukatif.

Bersama suaminya, mereka mengumpulkan semua desain yang pernah dibuat terkait dengan tema seni rupa Islam. Sylvie juga mencari beberapa pengrajin yang dapat mewujudkan ide dan konsep yang telah mereka buat. Akhirnya, pada tanggal 05 November 2013 lahirlah SylvieRomy MathArt+Design.

Karya pertama yang diciptakan SylvieRomy MathArt+Design adalah produk yang diberi nama “Whitey Fatiha Geometric Chair”. Produk kursi itu mengangkat pola-pola geometri yang diterjemahkan melalui jalinan material rotan sintetis. Sylvie menjelaskan bahwa nama produk tersebut terinspirasi dari surat Al Fatihah yang menjadi surat pembuka di kitab suci Al-Quran.

Selain pada desain produk kursi, SylvieRomy juga menerapkan Islamic Geometric Pattern pada desain produk elemen interior lainnya seperti throw pillow, magazine holder, wall decoration, dan decorative lamps. Tujuannya adalah ingin memperkenalkan salah satu seni rupa Islam yang bersifat sangat universal kepada masyarakat, terutama generasi muda.

*Artikel ini disadur dari artikel berjudul “Sylvie Arizkiany Salim : Kenalkan Keindahan Seni Rupa Islam” oleh Adhitya Pratama di majalah Asri edisi September 2015

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY