Tak Berbatas di Rumah Raul Renanda

Konsep open plan merupakan salah satu konsep yang belakangan semakin banyak digunakan di rumah-rumah. Termasuk salah satunya di rumah Raul Renanda.

Rumah Raul Renanda memiliki ruang-ruang komunal yang dirancang tanpa sekat. Ruang keluarga, ruang makan, bahkan dapur menyatu di lantai satu.

Susunan ruang seperti ini dirancang oleh Raul Renanda untuk mengakomodasi semua kegiatan anggota keluarganya. Seolah menjadi jantung rumah, ruang-ruang tanpa sekat ini menjadi pusat kegiatan bagi seluruh anggota keluarga.

Efek luas juga terasa karena adanya keterkaitan antara ruang luar dan ruang dalam. Antara taman belakang dan ruang dalam rumah hanya terpisah oleh dinding yang terbuat dari kaca.

Hal lain yang menarik adalah pemilihan warna di rumah ini. Jika banyak rumah yang menggunakan warna terang, rumah ini menggunakan warna-warna gelap pada rumahnya. Warna gelap tersebut berpadu dengan beberapa perabot dengan warna putih dan coklat terang.

Layaknya galeri, rumah ini digunakan Raul Renanda untuk memajang lukisan karyanya. Kanvas putih yang berpadu dengan cat hitam dan merah tersebut menjadi daya tarik. Sama halnya dengan mesin ketik yang menyambut saat masuk ke ruang keluarga.

Keluar dari rumah ini, saya teringat kembali dengan kondisi depan rumah yang kontras dengan rumah yang terasa luas. Jangan bayangkan kesan megah dan besar yang terlihat dari luar.

Hanya gerbang dan jalan kecil yang menyambut di depan rumah ternyata membawa ke area yang lebih luas di belakang. Perasaan luas justru mulai terasa saat melewati foyer.

Meninggalkan rumah ini, yang tertinggal di benak saya adalah tata ruang serta warna yang jarang digunakan. Semuanya menyatu memberikan identitas sendiri pada rumah ini.

Foto: Ahkamul Hakim
Arsitek: Raul Renanda
Lokasi: Kawasan Ulujami, Jakarta Selatan

SHARE
Previous articleShabby Chic dengan 10 Langkah
Next article10 Kesalahan Umum dalam Menata Ruang Keluarga
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

1 COMMENT

  1. kl boleh tau pemilik rumah ini siapa dan apa profesinya ya kak? saya membutuhkan informasinya sebagai tugas untuk perancangan rumah profesi yg sedang saya tempuh sebagai bahan referensi. terimakasih

LEAVE A REPLY