Taman Pandang Istana Segera Diresmikan

Taman Pandang Istana Segera Diresmikan

Taman Pandang Istana di Silang Barat Laut Monumen Nasional (Monas) sedianya akan segera diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada 30 Juli 2016. Taman tersebut akan diresmikan dalam acara bertajuk JakArtspirasi yang melibatkan partisipasi dari berbagai komunitas kreatif di Jakarta.

Taman ini sendiri awalnya dinamai Taman Aspirasi sebelum akhirnya diubah menjadi Taman Pandang Istana. Taman yang pembangunannya dimulai pada Mei 2016 ini memang ditujukan sebagai sarana ruang terbuka hijau bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi melalui beragam kegiatan positif.

Dengan cita-cita untuk memanfaatkan kekuatan seni, budaya, dan kreativitas dalam melayani kebutuhan masyarakat, taman ini diharapkan dapat mengangkat aspirasi seniman dan komunias kreatif Indonesia melalui kontribusi karya di ruang publik. Menurut Kepala Dinas Pertamanan Pemprov DKI Jakarta, Djafar Muhlisin, pembangunan taman diprakarsai oleh Pemerintah DkI Jakarta, Holcim, CARAS, serta pihak lainnya.

“Kami sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini karena sejalan dengan komitmen kami dalam pembanguna berkelanjutan untuk memberikan perbedaan yang positif melalui solusi-solusi inovatif berbasis teknologi, dan produk berkualitas dari Holcim. Kami berharap kehadiran taman ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat tidak hanya sekarang tetapi juga untuk masa dan generasi yang akan datang,” ujar Dhamayanti Suhita, Marketing Director PT Holcim Indonesia Tbk.

Selain pihak swasta dan pemerintah, seniman grafis Yasser Rizky juga turut berkolaborasi membuat konsep dan desain taman berupa instalasi tipografi tiga dimensi, terdiri dari bangku taman, instalasi patung RAGAM INSAN, instalasi pada lantai yang berisi kutipan tokoh Indonesia (Mohammad Hatta, Abdurrahman Wahid, Y.B. Mangunwijaya, dan Buya Hamka), serta tembok mural.

Foto: dok. Holcim

LEAVE A REPLY