Taman Tropis Eksotis

Taman Tropis Eksotis

1 30

Hutan hujan tropis merupakan mayoritas tipikal vegetasi di alam tropis seperti di Indonesia. Ditandai dengan ciri khas berupa sekumpulan vegetasi yang heterogen dan satu sama lain sudah saling beradaptasi dengan lingkungan aslinya yang berlimpah hujan dan berlimpah paparan matahari sepanjang tahun.

Karakter keindahan hutan hujan tropis inilah yang diadopsi oleh Robby Budiansyah ketika membangun taman untuk melengkapi vila milik keluarganya di daerah pegunungan Mega Mendung – Bogor.

Pada lahan hampir seluas 2 ha ini, terdapat beberapa massa bangunan vila dan fasilitas seperti kolam renang, kolam ikan koi serta gazebo untuk ruang duduk. Pohon-pohon asli (existing) tetap dipertahankan keberadaannya, karena memberi keteduhan dan penyeimbang terhadap skala ruang yang luas.

Diantara pepohonan tersebut ditanam tanaman-tanaman pengisi (filler) dari jenis tanaman lokal yang banyak tumbuh di sekitarnya contohnya pakis tiang (Cyathea), Philodendron, Hanjuang, palem dan tanaman epifit yang merambat. Diantara massa bangunan dibuat jalan setapak sehingga komposisi tanaman mengikuti pola akses tersebut sehingga pada saat kita berkunjung akan menikmati ‘petualangan’ di sepanjang jalur.

Selebihnya permukaan tanah hanya berupa permukaan rumput. Diantara komposisi tanaman besar berwarna hijau gelap dan teduh tadi, diletakkan tanaman hias daun yang memiliki varian daun yang berwarna seperti bunga, sebagai aksentuasi warna seperti Bromelia. Pada sudut yang gelap dan lembap, digunakan keramik terakota sebagai penutupan lantai dan dipadu dengan koral sikat.

Teknik ini memberi kesan tegas untuk mengimbangi komposisi liar dari soft materialnya. Beberapa aksen hardscape sengaja diciptakan untuk menekankan kesan area resort untuk bersantai, seperti regol atau gapura sebagai pintu gerbang lengkap dengan sepasang patung penjaga serta pintu gebyok yang menghiasinya.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Vila Bumi Razana, Mega Mendung – Bogor
Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim