Tampil Atraktif Dengan Keramik Mosaik

keramik mosaic

Ada banyak cara untuk membuat tampilan sebuah dapur jadi memikat dan tetap mudah dibersihkan diantaranya dengan menerapkan bahan keramik mosaik pada dinding backsplash. Keramik mosaik adalah jenis ubin keramik yang terdiri dari potongan keramik berukuran kecil dan disusun menurut pola tertentu.

Terdapat banyak varian bentuk, warna, ukuran, dan tekstur dari keramik mosaik. Motifnya antara lain kotak-kotak, segi enam, bulat, segi panjang dan bunga. Bagian belakang dari setiap keping keramik mosaik dilekatkan pada jejaring yang terbuat dari bahan nilon.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki keramik mosaic.

  • Fleksibel, bisa memenuhi berbagai kebutuhan desain, baik interior maupun eksterior. Keramik mosaik bisa dipesan khusus (customized) sesuai dengan kebutuhan desain.
  • Banyak variasi motif, warna, dan detail yang bisa mengakomodasi berbagai gaya interior serta tampilan dengan berbagai kesan mulai dari yang klasik-elegan sampai modern-dinamis.
  • Dengan proses pembakaran pada suhu tinggi maka daya serap airnya rendah, sehingga cukup tahan terhadap kelembapan dan mudah dibersihkan bila terkena kotoran.
  • Pembakaran pada suhu tinggi ini juga membuat keramik mosaik cukup kuat saat terkena benturan ataupun terkena gesekan dan memiliki warna yang lebih “hidup” serta tidak mudah pudar.
  • Warna antara satu keping dengan keping lain tidak sama sehingga tampilan keramik mosaik tidak monoton.

 

Namun, jenis keramik ini juga memiliki beberapa kelemahan, yakni pemasangan dan perawatannya. Butuh ketelitian dan kiat khusus untuk memasang keramik mosaic agar terlihat rapi. Sementara untuk membersihkannya, gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan kotoran pada celah diantara keping keramik, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk untuk mencegah timbulnya garis-garis air pada permukaan keramik.

 

SHARE
Previous article3 Cara Hilangkan Noda di Kaca
Next articleMengubah Wajah Bangunan
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY