Tampil Mewah Dan Elegan Dengan Sofa Kulit

sofa kulit

Sebelum Anda membeli sofa baru, sebaiknya kenali dulu bahan pelapis sofa yang hendak Anda pilih. Sebab pelapis sofa (upholstery) memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi kenyamanan saat duduk. Selain itu, warna dan motif dari pelapis sofa juga mampu menjadi daya tarik visual pada sebuah ruang.

Ada tiga jenis bahan pelapis sofa yang umumnya tersedia di pasaran, yakni kulit, kulit sintetis dan kain. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, berikut ini adalah uraian singkat mengenai ragam bahan kulit asli dan kulit sintetis yang umum digunakan sebagai bahan pelapis sofa.

Pelapis Sofa dari Kulit

Bahan kulit merupakan jenis bahan pelapis sofa yang paling nyaman karena bahannya bersifat menyerap panas tubuh sehingga nyaman diduduki dalam jangka waktu yang lama. Namun, kekurangan bahan ini adalah harganya yang mahal dibandingkan jenis pelapis sofa lainnya dan memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit agar tahan lama. Bahan kulit dibedakan menjadi empat jenis, yakni kulit asli, suede, microfibre dan oscar.

  • Kulit asli

Diambil dari kulit punggung sapi, bahan ini memberikan kesan mewah pada sofa. Meskipun harganya terbilang mahal, namun bahan ini tahan lama dan mudah perawatannya.

  • Suede

Senada dengan kulit asli, bahan suede juga diambil dari bagian belakang kulit sapi yang memiliki tekstur yang lebih berbulu, sehingga nyaman saat diduduki. Kelemahan bahan ini adalah mudah kotor.

  • Microfibre

Microfibre adalah bahan sintetis yang memiliki tampilan serupa seperti suede. Bahan dasarnya yang terbuat dari polyester membuat harganya lebih terjangkau.

IF_1486+1487+1488

Pelapis Sofa dari Kulit Sintetis

Tampilan dan teksturnya yang menyerupai kulit asli menjadikan kulit sintetis sebagai bahan alternatif pengganti kulit asli. Harganya pun lebih terjangkau dan tersedia dalam berbagai pilihan warna. Sayangnya, bahan ini tidak mampu menyerap panas dengan baik dan permukaan kulitnya pun mudah pecah-pecah bila terkena sinar matahari.

Fotografer : Ifran Nurdin

SHARE
Previous articleAyo, Cegah Rumah Terendam Banjir!
Next articleMemilih Lantai Carport Yang Tepat
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY