Tampilan “Bersinergi” Tanpa Batas

Komposisi bangunan yang melebar menyisakan ruang terbuka yang luas dan berorientasi ke taman belakang yang dirancang menyatu dengan padang golf yang terletak di kawasan Jakarta Utara. Fiify Eluza dan tim desain dari Bougainvillea Garden telah melengkapi rancangan konsep softscape pada proyek rumah tinggal ini. Pendekatan yang dilakukan lebih ditujukan untuk memvisualisasikan konsep hardscape yang sudah terbentuk, dengan sedikit pengembangan karena adanya penambahan area baru untuk menyempurnakan konsep yang ada.

Bentukan lanskap di lapangan golf dirancang terbuka, dengan tanah berkontur yang ditutup dengan rumput golf dan pohon-pohon kelapa yang kanopi daunnya meneduhi area tempat para pegolf beraktivitas yang dihubungkan dengan jalur pathway yang menghubungkan akses ke setiap titik hole. Konsep yang senada diterapkan di taman belakang yang menghadap ke arah lapangan golf agar taman dapat menyatu dalam bentangan alam yang saling berkesinambungan. Kondisi seperti ini jarang dijumpai di lokasi lain padahal kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan penataan ruang-ruang luar hunian.

Aplikasi desain diawali dengan menyamakan pola karakter softscapenya. Bila pada area golf digunakan pohon kelapa, maka untuk area di dalam digunakan palem jenis kurma (Elaeis guinensis) yang karakter percabangan daunnya senada dengan pohon kelapa. Rumah berada pada kaveling yang posisinya lebih tinggi sehingga area tangkapan lebih luas dan lebih berdimensi. Gradasi tanah yang menurun dirancang berkontur sedemikian rupa agar serasi dengan area di bawah yang ditutup dengan rumput tekstur halus. Dengan demikian permukaan kontur tanahnya terasa lebih “halus”. Sungai kecil sebagai batas rumah dipisahkan oleh pagar yang disamarkan dengan tanaman yang tidak terlihat dari area dalam, tetapi tegas dan fungsional keberadaannya bila dilihat dari arah luar.

Vegetasi yang mengisi bidang di antara pepohonan sengaja dirancang monokrom berkomposisi homogen dari tanaman tertentu saja yang semuanya memiliki warna daun hijau seperti soka (Ixora) yang dipangkas rapi,. Gradasi warna hijau dari komposisi massal ini mengimajinasikan sebuah ruang yang terasa kontras tetapi menyejukkan mata karena berada di dalam bentangan pandangan yang luas sehingga meredam pandangan yang sangat terang dan terbuka. Beberapa pohon kamboja yang percabangannya eksotik menjadi sculpture alami yang melengkapi keindahan bentuk kolam yang menjadi elemen dekorasi rumah.

[space height=”10″]

[divider scroll_text=”Kembali ke Atas”]

[space height=”20″]

[accordion]
[acc_item title=”SUMBER”]

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan. [/acc_item]

[acc_item title=”KREDIT”]

Lokasi: Rumah tinggal di Jakarta Utara
Kontaktor Softscape dan Pengembangan: Fiify Eluza dan Tim Desain dari Bougainvillea Garden
Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim[/acc_item]
[/accordion]

 

LEAVE A REPLY