Tanaman Begonia, Beda Karakter Beda Cara Perawatan

begonia

Begonia termasuk ke dalam keluarga Begoniaceae yang memiliki lebih dari 1400 spesies. Sesuai dengan karakter tanaman, Begonia bisa dikelompokkan ke dalam beberapa jenis yaitu Wax Begonia, Dragon Wing, Tuberous, Begonia Rex, dan Hardy Begonia.

Beragam jenis Begonia memiliki karakter tumbuh dan kebutuhan tumbuh yang berbeda. Namun, sebagian besar jenis tanaman ini menyukai tumbuh di tempat yang teduh dan ternaungi. Sebagian kecil jenis tanaman ini masih bertoleransi dengan kondisi terpapar cahaya matahari langsung. Namun, jenis tanaman ini sebaiknya tetap tumbuh di negara yang beriklim sedang.

Wax Begonia
  • Media tanah sebaiknya ringan, gembur, dan meneruskan air karena Begonia memerlukan penyiraman secara rutin sehingga diperlukan komposisi tanah yang sistem drainasenya baik.
  • Berbeda dengan karakter Wax Begonia yang berbunga secara terus-menerus, Begonia Tuberous berbunga semusim. Setelah masa berbunga habis, tanaman ini akan mengalami periode “istirahat” tumbuh (dorman). Pada tahap ini, hendaknya rimpang tanaman disimpan di tempat yang kering  tetapi tetap berhawa sejuk.

  • Kebutuhan akan cahaya berbeda pada setiap jenis tanaman. Wax Begonia suka dengan cahaya, tetapi Begonia Rex hanya bertoleransi dengan indirect light atau pencahayaan yang tidak langsung. Bahkan, di tempat yang sangat kurang cahaya, pattern dan warna daunnya akan tampil semakin ekspresif.

Foto : tastygardener

LEAVE A REPLY