4 Tanaman Cantik Pengusir Nyamuk

Kehadiran nyamuk sudah sangat umum untuk rumah di Indonesia. Tak hanya mengganggu, nyamuk juga bisa menularkan penyakit yang mematikan. Karena sifatnya yang merugikan itulah, banyak orang mengatasinya dengan menggunakan penghilang nyamuk berbahan kimia. Namun, bukan berarti Anda bebas masalah. Pemakaian bahan kimia juga memiliki efek samping walaupun tidak langsung terlihat. Lagipula, kenapa tak coba menggunakan bahan alami yang bisa Anda tanam sendiri?

Ya, tanaman yang biasa menghiasi rumah ternyata beberapa di antaranya mampu menjadi pengusir nyamuk alami. Tak perlu khawatir jika akan merusak pemandangan karena tanaman ini memiliki tampilan yang cantik. Dengan begitu, kehadirannya dapat menjadi elemen dekoratif sekaligus mengusir nyamuk yang beterbangan. Tanaman hias tersebut dapat Anda lihat contohnya di bawah ini.

globe-views

Geranium

Nama lainnya adalah Tapak Dara. Dalam tumbuhan ini terdapat kandungan geraniol dan sitronelol yang mudah ditiup angin. Lalu, saat daun-daun bergesekan aroma dari zat citronella akan keluar yang membuat nyamuk segera pergi. Anda dapat menanam tumbuhan ini di pekarangan taman atau dalam pot. Kemudian, tempatkan pot pada area yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar dengan cepat.

theherbgardener

Lavender

Tanaman yang berasal dari Pegunungan Alpen, Swiss ini memang sudah cukup terkenal untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena di dalamnya terdapat dua zat yang tidak disukai nyamuk, yaitu linalool dan lynalyl acetate. Kedua zat ini jugalah yang banyak digunakan untuk produk lotion antinyamuk. Untuk mendapatkan Lavender, Anda bisa membeli benih tumbuhan kemudian menanamnya.

nixpages

Rosemary

Tanaman yang juga sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan ini, memiliki aroma seperti minyak kayu putih. Aroma tersebut ampuh untuk mengusir nyamuk karena dapat mengacaukan penciumannya. Dapat dihadirkan di rumah dengan cara menanam di lahan terbuka atau di pot. Namun, Anda harus memastikan bahwa tanaman ini mendapat cukup sinar matahari dan air agar dapat tumbuh dengan maksimal.

permaculturenews

Zodia

Zodia merupakan tumbuhan asli Indonesia asal Papua. Di dalamnya terdapat zat evodia dan rutaecarpine yang jika disuling menghasilkan minyak dengan kandungan linalool sebesar 46% dan apinene 13,26%. Zat-zat tersebutlah yang ampuh untuk menghalau nyamuk.

Tanaman ini juga mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Agar semakin efektif, letakkanlah tumbuhan di area yang mudah terkena angin. Namun, jangan menempatkan Zodia di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk karena aromanya dapat membuat orang merasa pusing.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY