Tanaman di Ruang Kerja Bantu Lebih Produktif

Untuk Anda yang ruang kerjanya cenderung “bersih”, tampaknya Anda perlu menghiasinya dengan tanaman-tanaman. Karena menurut penelitian di Journal of Experimental Psychology pada tahun 2014 kehadiran tumbuhan di ruang kerja bisa membuat pekerja menjadi lebih produktif.

Penelitian yang diketuai Marlon Nieuwenhuis dari Cardiff University menguji penelitiannya kepada kantor konsultan di London dengan mengisi beberapa bagian di kantor itu dengan berbagai tanaman. 17 pekerja tetap bekerja di ruangan tanpa tanaman, sedangkan 16 orang lainnya bekerja di tempat yang penuh tanaman, dimana setiap orang bisa melihat setidaknya tiga tanaman dari meja kerjanya.

Selama beberapa hari, di beberapa saat di sela jam kerja, dua kelompok ini melakukan simulasi pengerjaan tugas. Ketika tugas tersebut dinilai, para peneliti menemukan bahwa mereka yang bekerja di wilayah dengan banyak tanaman, menyelesaikan tugas 15 persen lebih cepat dan lebih akurat.

“Penelitian kami menemukan bahwa tanaman di ruang kerja dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup pekerja yang ada di dalamnya.” ujar Nieuwenhuis. “Ini menantang konsepsi bisnis yang mengatakan bahwa meja kerja yang bersih yang bisa meningkatkan produktivitas.” tambahnya.

Selain itu, para peneliti juga melakukan percobaan ini di kantor-kantor lainnya dan menemukan hasil yang positif juga. Para pekerja mengaku mereka merasakan kepuasan dengan hadirnya tanaman di ruang kerja mereka.

Mekanisme yang mungkin jika tanaman meningkatkan produktivitas kerja bisa dikarenakan fungsi dari tanaman yang dapat mengurangi polusi udara di dalam ruangan, termasuk senyawa organik volatil atau volatile organic compound (VOC), karena diindikasikan tingginya level VOC di ruang kelas atau ruang kerja dapat mengganggu konsentrasi dan pengambilan keputusan.

Memang penelitian mengenai keterkaitannya produktivitas kerja dengan kehadiran tanaman dilakukan dalam skala kecil, tapi tentu tidak ada salahnya meletakkan tanaman kesukaan di meja kerja di kantor atau di rumah Anda. Karena selain memberi kesegaran dan mempercantik ruangan, menurut penelitian sebelumnya karyawan yang kantornya diisi tanaman atau unsur alam memiliki tingkat stress yang cenderung rendah, dan lebih bahagia.

Foto: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY