Tanaman Tillandsia, Si Cantik Yang Tak Butuh Media Tanam

tanaman tillandsiaTillandsia atau dikenal dengan air plants merupakan tanaman epifit yang mampu tumbuh tanpa media tanah yaitu tanaman asli hutan, tanaman gunung, dan tanaman daerah padang pasir (deserts) yang banyak tumbuh liar. Meskipun masih tergolong dalam famili nanas-nanasan, tanaman Tillandsia ini tidak berbuah, namun tidak pula berbunga.

Bulu-bulu halus yang terdapat pada daunnya berfungsi menangkap uap air dan debu yang mengandung unsur hara. Tanaman ini bisa menyerap air dan nutrisi dari daunnya yang bertekstur keras berwarna silver. Sementara akarnya digunakan untuk berpegangan pada pohon inang (epifit).

Foto : Etsy.com

Sebagai tanaman lanskap, perawatan tanaman Tillandsia tergolong mudah. Tanaman ini cukup digantung, diangin-anginkan, dan disiram dengan cara disemprot pada seluruh permukaan tanaman. Tanaman Tillandsia biasanya direkatkan pada sepotong kayu atau menjadi tanaman gantung. Bentuknya yang unik dan perawatannya yang mudah menjadikan tanaman epifit ini banyak digunakan untuk menghiasi interior rumah.

LEAVE A REPLY