Tata Letak Linier yang Efektif

Tata Letak Linier yang Efektif

3 108

Rumah tinggal di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan ini merupakan salah satu contoh karya yang berhasil mengakomodasikan aspek fungsional dan dan aspek estetika ke dalam desainnya. Dalam hal ini diupayakan penyusunan melalui tata letak (layout) dan alur berpola linier yang menjadi solusi utamanya. Terdengar sederhana memang, tetapi sungguh tepat guna. Selain itu, pada kenyataannya cara ini juga dapat turut mempermudah penataan interior didalamnya, serta memberikan kesan yang lebih simpel dan lapang terhadap ruangan secara keseluruhan.

Pengorganisasian ruangan memegang peranan yang sangat penting dalam desain rumah urban. Demikian pula halnya dengan rumah tinggal ini. Bagian dalamnya terdiri dari tiga level lantai dengan pembagian zona yang runtut dan jelas. Level pertama bangunan merupakan zona servis, meliputi carport, dapur dan area pembantu. Level kedua bangunan yang juga merupakan lantai utama bangunan sekaligus sebagai pusat aktivitas hunian merupakan zona publik, meliputi ruangan tamu, ruangan duduk, ruangan makan, dan sebuah innercourt mungil di bagian belakang bangunan.

Keempat ruangan utama hunian tersebut tersusun runtut dan menerus dalam satu bidang lahan yang memanjang. Batas antar ruangan bersifat “mengalir” dan transparan, seperti rak terbuka, meja konsol, atau sekat kaca. Langkah yang sederhana tetapi cerdas ini membuat zona menjadi efektif tanpa memberikan kesan sesak dan padat karena terdapat akses visual ke seluruh penjuru ruangan dan lahan. Setiap kegiatan dapat berjalan lancar dengan kehadiran enclosure pada setiap ruanganyang nyaman. Akibatnya kesan hunian pun menjadi lebih luas dan lapang. Meskipun hunian berukuran mungil, pengadaan area innercourt juga penting. Selain dapat menjadi area beranda dan perluasan bagi ruangan dalam, keberadaan innercourt ini juga menjadi sumber udara alami yang dapat menyegarkan penghawaan dan visualisasi di ruang dalam.

Adapun level ketiga bangunan merupakan zona privat yang mewadahi kamar-kamar tidur dan ruangan duduk pribadi. Sebuah sobekan skylight kaca mungil muncul di lantai ini sebagai sebuah solusi yang inspiratif untuk hunian urban dengan luas terbatas. Letaknya di atas area tangga utama yang juga berbentuk linier, lurus memanjang di satu sisi bangunan sehingga penggunaan ruangnya juga lebih efisien. Skylight kaca ini tidak hanya esensial untuk memasukkan cahaya alami ke dalam ruangan serta khususnya kepada area tangga, tetapi juga menambahkan kesanketinggian ruangan sehingga visualisasi ruangan bertambah leluasa dan lebih dinamis.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Kediaman di Pondok Indah, Jakarta Selatan
Arsitek: Angling Rasnindityo dari Greenwood Architects
Penulis: Tika Bharly
Fotografer: Sjahrial Iqbal

SIMILAR ARTICLES

0 8

1 62

0 60

4 156

3 COMMENTS

Leave a Reply