Teduhkan Ruangan dengan Indirect Lighting

indirect lighting

Pencahayaan sangat penting dalam tampilan sebuah ruang. Dengan pencahayaan, ruangan dapat terlihat lebih menarik atau sebaliknya, menjadi tidak menyenangkan. Agar semakin nyaman pun, terkadang dibutuhkan lebih dari satu jenis pencahayaan. Salah satu yang cukup berpengaruh dan memberi efek berbeda ialah penggunaan indirect lighting (hidden lighting). Dengan jenis pencahayaan tersebut, tatanan interior ruangan dapat terlihat cantik dan suasana pun menjadi lebih dramatis.

indirect lighting

Indirect lighting atau pencahayaan tidak langsung ini merupakan teknik untuk menyembunyikan sumer cahaya sehingga yang terlihat hanya pendarnya. Sumber cahaya tersebut diletakkan di balik sebuah benda atau panel. Umumnya, indirect lighting digunakan di balik panel televisi, plafon, di belakang headboard, dinding, atau bahkan tangga.

Cahaya tersebut diarahkan ke plafon rumah, dinding bagian atas, atau benda di depannya untuk dipantulkan kembali ke seluruh ruangan. Karena itu pula, menggunakan indirect lighting dapat mengurangi efisiensi cahaya yang sampai pada permukaan benda. Namun, kekurangan tersebut juga merupakan kelebihan yang mungkin menjadi tujuan banyak orang menerapkannya dalam rumah. Dengan intesitas cahaya yang rendah seperti itu, cahaya yang dihasilkan menjadi lebih halus sehingga mata tidak mudah silau atau cepat lelah. Namun, di saat bersamaan ruangan dapat tetap terang.

indirect lighting

Teknik indirect lighting biasanya didesain dengan membuat celah pada objek untuk meletakkan lampu. Sesuaikan luasnya dengan ukuran lampu dan perkirakan pula ruang yang cukup agar tangan Anda bisa leluasa saat proses pemasangan. Untuk pilihan lampu sendiri, dapat menggunakan LED strip lighting, berbentuk seperti tali pipih dengan lampu-lampu kecil di sepanjang permukaannya. Bisa juga, memasang lampu fluorescent tube, lampu ini memiliki bentuk seperti tabung silinder panjang. Bagaimana, tertarik menambahkannya di rumah?

Foto: Ifran, Tri

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY