Teduhnya Taman Mataram Di Jakarta

Taman Mataram, adalah salah satu contoh taman publik yang berlokasi di kawasan hijau Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Area taman yang berada di antara kawasan perumahan ini semula digunakan sebagai stasiun bahan bakar (pom bensin). Setelah diambil alih pengelolaannya oleh Pemerintah Daerah, kemudian dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau berupa taman kota yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk beraktivitas.

Area taman berbentuk persegi memanjang yang dikelilingi oleh dua jalan protokol dan dua jalan lingkungan perumahan. Bentuk kegiatan interaktif yang biasa dilakukan di luar rumah dapat dilakukan di area ini seperti kegiatan jogging, relaksasi atau sekadar duduk bersantai sambil menikmati cahaya matahari pagi dan udara segar. Bagi anak-anak, juga disediakan playground serta fasilitas gym sederhana yang melengkapi kagiatan olahraga di pagi hari.

Jalur pedestrian yang mengelilingi area kaveling, ditutup dengan conblock selebar 2 m sebagai fasilitas untuk jogging track. Jalur pedestrian tersebut selanjutnya dihubungkan dengan jalur pedestrian yang berada di dalam area taman. Pola jalur sengaja dibuat melengkung membentuk gelombang yang memotong diagonal dan berkelok-kelok melintas ke beberapa arah tetapi alurnya sengaja dibuat smooth agar terasa nyaman ketika melintas di atasnya.

Area-area terbuka yang berada di antara jalur pedestrian tersebut dijadikan area taman dengan rumput hijau yang permukaan tanahnya berkontur sedangkan semak berbunga dan pohon-pohon rindang mengisi bidang terbuka di sisi kiri dan di sisi kanan jalur  pedestrian. Dengan konsep seperti ini, pengguna taman akan mendapatkan petualangan di antara taman yang eksotis.

Beberapa jenis tanaman berbunga sengaja ditanam untuk memberi warna dan keceriaan seperti kana bunga merah (Canna indica), alamanda bunga kuning, tabebuya bunga kuning (Tabebuia caraiba), Mandevilla, dan bottle brush (Callistemon viminalisTerlihat beberapa tanaman peneduh yang merupakan tanaman produktif seperti kedondong, buni, serta nangka melengkapi koleksi taman.

Bagi masyarakat yang ingin bersantai, disediakan pula bangku taman yang sengaja dibuat permanen dalam berbagai bentuk. Ada yang simpel berupa kotak semen ber-finishing keramik yang ditempatkan di sepanjang jalur pedestrian. Ada pula yang didesain lebih eksotis menggunakan kanopi yang dilengkapi dengan tanaman merambat Mandevilla kuning. Kanopi berbentuk lengkung yang dilengkapi dengan kursi merupakan aksen hard material dari taman publik ini.

Wujud taman yang disediakan untuk publik ini menjadi bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk menyediakan lingkungan yang sehat serta nyaman untuk masyarakat kota.

Lokasi : Taman Mataram – Jakarta Selatan

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY