Teliti Sebelum Membeli Unit Apartemen

teliti sebelum membeli apartemen
Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, apartemen merupakan pilihan tempat tinggal yang tepat. Selain memiliki lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat bisnis, masyarakat yang tinggal di hunian vertikal ini memiliki gaya hidup yang praktis serta ditunjang oleh beragam fasilitas umum yang menarik. Maka tak heran jika penjualan unit apartemen saat ini semakin laris di pasaran.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, terutama menyangkut status kepemilikan tanah dan hak guna bangunan (HGB). Sebab jika tidak teliti sebelum membeli berpotensi menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Lokasi Apartemen

Tentukan lokasi apartemen yang hendak Anda beli. Usahakan lokasi apartemen tidak jauh dari tempat Anda bekerja atau fasilitas kota lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya transportasi sekaligus mengurangi asap kendaraan karena jarak yang dekat memungkinkan Anda untuk menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki.

Status Kepemilikan Tanah

Anda bisa meminta bantuan notaris untuk mengecek hal ini atau Anda dapat bertanya dulu ke pengembang (developer) tentang nomor registrasi tanah properti ini, lalu cek langsung legalitas tanah bernomor tersebut ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sebagai info awal, ada beberapa jenis Hak Guna Bangunan (HGB) untuk hunian vertikal seperti apartemen, diantaranya yaitu HGB Hak Milik dimana tanahnya dimiliki oleh pengembang (developer) dan sertifikat nantinya akan “dipecah” kepada tiap pemilik unit apartemen. Ini merupakan status tanah yang paling aman dibandingkan jenis HGB lain dimana tanahnya merupakan milik negara atau justru milik pihak ketiga, sementara itu pengembang (developer) hanya membangun dan/atau mengelola properti untuk jangka waktu tertentu.

Tipe Unit Sesuai Kebutuhan

Ada tiga tipe unit apartemen yang umumnya ditawarkan, yakni tipe studio, tipe satu kamar tidur dan tipe dua kamar tidur. ketiga tipe ini tentu saja memiliki luasan dan jumlah ruang yang berbeda. Pilih tipe unit sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki.

Cek Kondisi Fisik Bangunan

Sementara izin diurus, periksalah sistem mekanikal elektrikal (ME) seperti jaringan kabel listrik dan ducting AC serta sistem plumbing seperti pipa air bersih, termasuk saluran air kotor. Pelajari sistem struktur bangunan seperti balok dan kolom yang tidak boleh dirombak. Demikian pula, dengan denah (layout) ruang juga hubungan antarruang (flow) pada unit apartemen. Pastikan jendela dan pintu yang ada yang bisa mengoptimalkan sirkulasi udara segar dan mengoptimalkan masuknya cahaya alami ke dalam ruangan

Fasilitas Umum

Fasilitas umum yang tersedia merupakan poin tambahan yang dapat mempengaruhi pilihan Anda terhadap suatu unit apartemen. Ada apartemen yang ditunjang oleh beragam fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak, cafe dan restoran. Sementara itu ada pula yang hanya menyediakan taman bermain anak saja. Apapun fasilitasnya, pastikan apartemen dilengkapi sistem pengaman yang baik, baik berupa pihak pengaman gedung (security guard) ataupun access card menuju masing-masing lantai. Apartemen yang baik memiliki sistem pengamanan yang baik sehingga Anda tak perlu khawatir dan merasa nyaman.

Foto : Tri Rizeki Darusman

1 COMMENT

LEAVE A REPLY