oleh

Ternyata ini Konsep Arsitektur Dari Leeum Samsung Museum Of Art

http://www.leeum.org/

Bukan hanya artis Korea aja lho guys yang ternyata terkenal di Korea. Tetapi ada juga Museum Leeum Samsung, dimana “Lee” diambil dari pendiri Samsung dan “Um” diambil dari kata museum.

Leeum Samsung Museum of Art berlokasi di Hannam Dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan. Dikelola oleh Yayasan Kebudayaan Samsung. Museum ini telah mengumpulkan dan mengorganisir berbagai pameran karya seni luar biasa, meliputi karya tradisional dan karya kontemporer dunia. Pada tahun 2004, Leeum Samsung Museum of Art ini dibuka dengan fasilitas baru yang megah. Leeum telah memperluas dan meningkatkan berbagai koleksi besar dari kebudayaan Korea dan berbagai karya seniman kontemporer terkenal dari seluruh dunia.

http://www.leeum.org/

Dan ternyata bukan hanya satu orang saja yang membuat Gedung yang estetik ini, melainkan 3 arsitek yang mendesain Gedung ini, waaa keren banget ya guys ! Arsitek yang pertama dirancang oleh Mario Botta dimana Gedung yang dirancang nya adalah

Gedung koleksi seni tradisional Korea sendiri ! Mario Botta memanfaatkan batu bata cotta pada fasad bangunan, yang menciptakan tidak hanya aksen yang kuat di lapangan tapi juga menciptakan seperti layaknya bunglon yang bisa berubah warna. Juga permainan bayangan dengan intensitas berubah – ubah meyesuai kan arah datangnya sinar matahari. Bentuk dan bahan mengangkat interpretasi modern dari sejarah Seoul sebagai Walled City. Interior nya juga merujuk dari seni keramik tradisional Korea.

Dan yang ke-2 adalah Jean Nouval. menampilkan seni modern dan kontemporer dari seniman Korea dan mancanegara. Karya Nouvel melambangkan seni modern konstanta pertumbuhan, evolusi dan tantangan masyarakat. Nouvel menggunakan kaca putih ekstra dan stainless steel berkarat.

Museum Leeum Samsung

Samsung child education and culture center dirancang oleh Rem Koolhaas, lahir pada tahun 1944 di Rotterdam, Belanda. Museum yang ke-3 terdiri atas konsep bentuk pilotis memanjang yang dimana memberikan kesan bebas dan memiliki koneksi bentuk yang kuat antara ruang yang ada didalam bangunan dengan ruang yang ada diluarnya. Hal ini memberikan gubahan bentuk masa yang juga unik dan mengesankan. Material yang dtonjolkan seperti material unfinished, kaca yang mengitari ruangan terasa gaya desain nya mengarah ke gaya Industrial.

Dengan adanya Leeum Samsung Museum of Art yang merupakan kompleks perpaduan antara seni tradisional dan kontemporer. Dimana perpaduan tersebut memberikan suatu konsep nuansa ruang baru terhadap bentuk ruang suatu museum seni yang dimana memberikan kesan bahwa museum bukan hanya sebagai tempat di simpan atau di pajang nya sebuah kaya seni tetapi lebih dari itu bahwa museum tempat dimana kita bisa merasakan , ikut tumbuh bersama dan membudidayakan karya seni yang ada didalamnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed