Tips Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Menarik

Material unfinished semen atau beton ekspos kini semakin digemari masyarakat. Coba saja tengok sejumlah restoran, kafe, salon dan bahkan gaya desain hunian masa kini sebagian besar menampilkan semen ekspos pada bidang-bidang arsitektur seperti dinding, lantai dan plafon. Kata ‘unfinished’ sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar belum selesai. Sebab jika diperhatikan lebih detil, bidang unfinished tersebut sudah diberi sentuhan akhir berupa pelapis atau cairan khusus (coating) yang membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan.

Material unfinished yang satu ini semakin populer di kalangan masyarakat seiring dengan berkembangnya tren bangunan bergaya industrial. Gaya industrial banyak ditampilkan dengan mengekspos jaringan utilitas di area plafon, penggunaan material metal/besi dan kayu, serta dinding dan lantai yang dibiarkan polos dengan plester semen tanpa dicat ataupun ditutup keramik.

Dinding, lantai atau plafon semen ekspos ini akan terlihat indah jika menggunakan teknik dan dekorasi yang tepat. Ada 3 teknik finishing yang bisa Anda gunakan, yakni teknik Seamless Concrete, teknik Faux Concrete, dan teknik Polished Concrete. Teknik terakhir, yaitu polished concreate merupakan tampilan unfinished yang paling banyak digemari. Sebab tekstur dan warnanya paling lembut, halus dan mudah dikombinasikan dengan gaya interior lainnya.

Selain teknik, dekorasi juga tak kalah penting. Material unfinished ini akan terlihat ‘menonjol’ jika dipadukan dengan warna dan elemen tertentu. Misalnya warna, karena warna dari material finishing ini berwarna abu-abu, maka padukan dengan warna-warna cerah seperti kuning atau merah pada elemen interior yang lain seperti cermin, frame foto, armatur lampu atau bahkan finishing furnitur. Namun, usahakan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar dalam konsep gaya industrial yaitu abu-abu (semen), hitam (besi), dan cokelat (kayu) tetap mendominasi dalam ruangan.

_MG_7236-3Agar lebih tahan terhadap kelembapan dan cuaca ekstrem, pengaplikasian semen ekspos juga hendaknya diberi coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accent wall pada satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

Selamat bereksperimen dengan material semen atau beton ekspos!

Foto : Tri Rizeki

LEAVE A REPLY