Tips Memajang Lukisan dan Foto Ala Galeri

bingkai foto

Anda yang memiliki koleksi karya seni berupa lukisan atau foto, pasti ingin memamerkannya di rumah. Tak hanya untuk dinikmati keindahannya sendiri, juga oleh tamu yang berkunjung rumah.

Pasti harus ditunjang dengan penempatan yang oke agar display koleksi lukisan dan foto tampil bak display di galeri seni atau museum. Begini caranya memajangnya.

Menentukan lokasi

Ruang keluarga, ruang tamu, atau koridor adalah tempat yang sesuai untuk memajang koleksi lukisan atau foto. Ketiga area ini adalah ruang publik dan semi publiknya rumah. Jika memajang koleksi di area privat dalam rumah, seperti kamar tidur, hanya anggota keluarga saja yang bisa menikmatinya.

Anda bisa memanfaatkan dua sisi dinding sekaligus yang saling berhadapan pada koridor untuk memajang koleksi. Sementara itu, jika memilih ruang tamu atau ruang keluarga, pilih satu dinding yang bebas dari furnitur. Anda bisa mendapat area pajang yang lebih luas tanpa harus terhalang furnitur. Cocok jika koleksi lukisan atau foto yang ingin dipajang jumlahnya tak sedikit.

Satu yang penting digarisbawahi, area pajang yang dipilih tak berlimpah sinar matahari. Anda pasti tak mau, kan, warna lukisan atau foto jadi pudar gara-gara terpapar sinar matahari langsung? Sinar matahari adalah musuh utama bagi lukisan cat air atau foto berwarna.

Memilih warna dinding

Pilihan warna dinding yang tepat akan membuat lukisan atau foto bisa tampil standout atau sebaliknya, bila warna yang dipilih salah. Kebanyakan galeri seni atau museum mengecat dindingnya dengan warna putih. Warna ini dianggap aman dan netral untuk menonjolkan lukisan atau foto.

Namun, tak sedikit pemilik rumah yang menghindari memilih putih untuk dinding rumah karena dianggap memberi kesan dingin dan steril dalam ruang. Nah, agar pilihan warna dinding tak membuat koleksi lukisan atau foto yang Anda pajang jadi tak terlihat, gunakan salah satu warna yang ada di dalam lukisan atau foto. Pilih setingkat atau dua tingkat lebih muda dari warna pilihan tersebut, sehingga tak mengalahkan atau bersaing dengan warna lukisan atau foto.

Jika terlalu merepotkan namun tetap tak ingin mengecat dinding rumah dengan warna putih, pilihlah abu-abu pucat. Seperti putih, warna ini netral dan aman untuk menonjolkan lukisan ataupun foto.

Memilih frame atau bingkai

Frame atau bingkai kayu dengan profil yang simpel yang paling tepat untuk membuat gambar dalam foto atau lukisan lebih menonjol. Sebaliknya, memilih bingkai dengan profil yang penuh ornamen atau detail justru mengalihkan perhatian orang dari lukisan atau foto itu sendiri. Bisa jadi, bukan lukisan atau foto yang membuat orang kagum, tapi bingkai atau framenya.

Ketika membingkai, beri jarak antara kaca dengan lukisan atau foto itu sendiri. Kaca yang langsung menempel pada permukaan lukisan atau foto bisa merusak warnanya. Juga bisa memberi efek silau, sehingga gambar lukisan atau foto jadi kurang jelas.

LEAVE A REPLY