Tips Membangun Ruang Makan Terbuka

Ada sensasi berbeda yang terasa ketika bersantap di ruang terbuka. Perpaduan antara hangatnya sinar matahari pagi, suara gemercik air kolam dan sejuknya angin membuat aktivitas bersantap menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Membangun ruang makan di area luar (outdoor) merupakan pilihan yang menarik, apalagi bagi Anda pecinta alam. Namun proses desainnya tentu tak semudah merancang ruang makan pada umumnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memperkecil resiko kerusakan di kemudian hari. Berikut ini 3 poin penting yang patut Anda pertimbangkan saat merencanakan membangun ruang makan terbuka.

Pilih Furnitur Outdoor

Karena terletak di luar, maka kursi dan meja makan beresiko rusak akibat terpaan sinar matahari dan air hujan. Maka dari itu, pilihlah furnitur outdoor yang memang sudah dirancang menggunakan material yang tahan terhadap segala macam cuaca. Misalnya seperti rotan sintetis, kayu solid, atau berbahan logam. Untuk material kayu, pastikan Anda memberi lapisan khusus (coating) anti air dan jamur agar kayu tetap awet. Selain tahan terhadap perubahan cuaca, perawatan furnitur outdoor juga lebih mudah.

Material Lantai

Pilih material penutup lantai yang tahan terhadap cuaca dan mudah perawatannya. Lima jenis material penutup lantai yang dapat Anda pilih diantaranya keramik, batu alam, dek kayu, dek papan semen dan dek komposit kayu plastik.

Pencahayaan

Jangan lupakan elemen pencahayaan. Sebab seperti dapur, aktivitas bersantap pun memerlukan pencahayaan yang cukup terang. Letakkan sebuah standing light di pojok ruangan atau lampu gantung jika area makan dinaungi atap. Kemudian tambahkan beberapa buah lilin dekoratif untuk mengubah suasana agar terasa lebih romantis.

Pot Dekoratif

Letakkan beberapa buah pot dekoratif berisi tanaman berbunga yang cantik untuk menghiasi area makan Anda. Kehadiran pot tanaman ini semakin menguatkan nuansa alam, ‘membawa’ Anda seolah-olah menyatu dengan alam sekitar.

Selamat bersantap!

 

LEAVE A REPLY