Tips Membersihkan Rumah Pasca Mudik

clean
Foto: housebeautiful.com

Meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lumayan lama karena pulang ke kamung halaman pastinya membuat rumah Anda tidak sebersih ketika ditinggalkan. Terlebih jika Anda sebelum pergi tidak memperhatikan kebersihan rumah dengan saksama. Belum lagi jika ditambah Anda tidak memiliki asisten rumah tangga yang dapat membantu Anda membersihkan rumah, tentunya Anda harus berhadapan dengan rumah yang kotor pasca ditinggal mudik lebaran. Berikut tips membersihkan rumah pasca mudik:

Kamar Tidur

Bagian pertama dari rumah yang sangat Anda perlukan setelah menempuh arus balik yang cukup melelahkan adalah kamar tidur. Ganti sprei tempat tidur Anda dengan sprei baru agar Anda tidak menghirup debu yang hinggap di kasur ketika beristirahat setelah menempuh perjalanan yang panjang. Bila perlu tambahkan wewangian agar kamar yang tidak Anda tempati berhari-hari ini semakin nyaman ditempati.

(Baca juga: Yuk, Mendetoks Kamar! )

Membuka Jendela

Selama ditinggal mudik, rumah Anda pastilah tertutup rapat dari segala sisi untuk alasan keamanan. Ketika hendak membersihkannya, usahakan untuk membuka semua jendela yang ada di rumah agar ruangan tidak terasa pengap. Ingat rumah yang Anda tinggalkan untuk beberapa saat ini cukup lama tidak mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Jadi, berikan kesegeran di rumah Anda dengan membuka semua jendela.

Dapur

Periksa dapur Anda, apakah Anda meninggalkan piring kotor yang lupa Anda bersihkan sebelum pergi mudik? Buang juga sampah yang menumpuk di tempat sampah dapur Anda. Jika setelah sampai rumah Anda ingin langsung menggunakan peralatan dapur, jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkannya, karena debu-debu pastinya menempel di peralatan dapur Anda.

(Baca juga: 6 Tips Agar Dapur di Rumah Selalu Bersih )

Baju Kotor

Sebelum pergi bisa jadi Anda tidak sempat me-laundry baju ataupun mencucinya terlebih dahulu, sehingga baju-baju kotor Anda telah menumpuk cukup lama di rumah. Baju kotor yang menumpuk dalam waktu lama bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah Anda. Segera cuci baju-baju kotor tersebut, ditambah baju kotor yang Anda bawa pasca mudik. Jika tidak ada tenaga untuk melakukannya, jasa laundry umumnya sudah kembali beroperasi pasca libur lebaran, jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencucinya sendiri.

Teras

Bagian teras adalah bagian rumah yang paling mudah dan cepat kotor ketika ditinggal mudik, terlebih jika rumah Anda terletak di pinggir jalan besar, dimana banyak kendaraan yang lalu lalang di depannya. Pastinya banyak debu yang bertebaran di teras Anda. Jika Anda memang punya banyak waktu membersihkan rumah, jangan lupakan bagian ini.

Menyewa Jasa Pembersih Rumah

bersih-rumah-696x462
foto: kleankeepers.co.uk

Anda merasa cukup lelah melakukan tugas membersihkan rumah ketika baru sampai setelah mudik? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membayar jasa pembersih rumah yang bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga membersihkan rumah. Melihat rumah kotor setelah berjalan jauh saja sudah cukup melelahkan, ditambah lagi harus repot-repot membersihkannya, sementara esok hari Anda sudah harus kembali bekerja dan beraktivitas. Penyedia jasa pembersih rumah ini juga bisa Anda pesan melalui berbagai aplikasi, mudah, kan? Pilihlah perusahaan aplikasi yang memang terpercaya dan pastikan tarifnya sesuai dengan kantong Anda.

(Baca juga: 3 Cara Mewujudkan Rumah Bersih dan Sehat )

LEAVE A REPLY