Tips Membuat Rumah untuk Binatang Kesayangan

Memiliki binatang peliharaan bukan hal baru bagi kebanyakan orang. Beberapa di antaranya bahkan memelihara lebih dari satu binatang dengan jenis yang sama atau berbeda. Binatang memang merupakan teman yang menyenangkan untuk sebagian orang. Kehadirannya dapat membuat penghuni rumah memiliki teman dan merasa terhibur.

Bagi pecinta binatang, kenyamanan peliharaan mereka merupakan salah satu yang utama. Karena itu, sering kali mereka membuatkan “rumah” untuk binatang kesayangan. Adanya “rumah” ini sebenarnya tak hanya baik untuk binatang, tapi juga untuk kondisi rumah secara keseluruhan. Dengan dibangunnya tempat berlindung, kebersihan rumah dapat lebih dijaga atau setidaknya meminimalkan usaha untuk membersihkan hunian dari kotoran-kotoran binatang.

Namun, membuat rumah atau kandang untuk binatang perlu memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, lokasi untuk meletakkan rumah tersebut harus terlebih dahulu ditentukan, entah itu di dalam ruangan atau di luar bangunan, seperti di taman. Bila akan menaruhnya di dalam, harus dipikirkan pula sudut yang akan digunakan agar tampilan interior rumah tidak terganggu.

Selanjutnya, perkirakan jumlah binatang yang akan tidur dalam tempat tersebut. Dengan begini, luas “rumah” dapat ditentukan. Pertumbuhan badan dan usia binatang juga harus dipertimbangkan dalam menetapkan ukuran “rumah”. Tempat itu harus cukup besar dan nyaman, setidaknya saat binatang berputar, berbaring, atau saat sedang makan.

Untuk “rumah” yang terletak di area terbuka, seperti taman, desain lantai bawah tidak menempel langsung dengan tanah, beri jarak agar air dapat mengalir, terutama saat hujan. Beri pula lubang atau celah pada “rumah” tersebut untuk ventilasi udara. Saat musim hujan, bisa juga tambahkan lapisan di bagian dalam tempat itu agar binatang terhindar dari kedinginan.

Berikutnya, material harus ditentukan. Pilih material yang paling nyaman sekaligus mudah untuk dibersihkan. Sering kali, rumah binatang ini dibuat dengan bahan kayu. Namun, perlu diingat untuk memilih kayu tanpa bahan kimia yang berbahaya di permukaannya. Sementara untuk bentuk tempat tinggal binatang ini, bisa didesain sesuai selera, tak perlu rumit, cukup yang sederhana dan nyaman.

Agar binatang semakin nyaman, tambahkan bantalan atau selimut di bagian dalam tempat tinggal mereka. Setelahnya, yang tidak boleh dilupakan ialah membersihkan tempat tersebut secara rutin, terlebih bila diletakkan di dalam rumah. Selain itu, menjaganya tetap bersih dapat membuat binatang peliharaan merasa bahagia dan tidak cepat stres.

Foto: homemade-modern

*dari berbagai sumber

1 COMMENT

LEAVE A REPLY