Tips Memilih Papan Gipsum Yang Berkualitas

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan material papan gipsum, bukan? Ya, papan gipsum memang bukanlah “barang baru”, sejak dulu material ini dikenal sebagai material subtitusi menggantikan dinding konvensional yang umumnya terbuat dari bata merah ataupun beton ringan. Bobotnya yang ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembab serta pemasangannya yang cepat membuat material ini menjadi ‘primadona’ di industri bahan bangunan.

Popularitas papan gipsum ditandai dengan semakin banyaknya brand papan gipsum yang bermunculan di pasaran. Mereka seolah berlomba-lomba merebut minat masyarakat dengan tampilan dan kualitas gipsum yang terbaik. Nah, agar Anda tak terkecoh, ada trik memilih papan gipsum yang berkualitas.

Permukaan rata

Pastikan permukaan papan gipsum yang Anda pilih rata, lurus dan tidak bergelombang. Misalnya saat dipasang dalam posisi horizontal sebagai plafon tidak ada lendutan kecil di permukaannya. Idealnya, nilai kelendutan tidak melebihi 2,0 mm per batang 600 mm. Sayangnya, untuk memastikannya masih dibutuhkan pengujian secara khusus.

Bobot ringan

Idealnya, papan gipsum setebal 9 mm berbobot tidak lebih dari 15 kg. Sebab bobot yang ringan memberi kemudahan pada saat proses pemindahan dan instalasi di lapangan.

Kuat

Papan tidak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Papan gipsum juga stabil ketika digunakan sebagai dinding atau partisi ruangan.

Permukaan mulus

Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.

Foto : Ahkamul Hakim

 

LEAVE A REPLY