Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Rumah

Sofa

Sofa sudah menjadi pilihan yang sangat umum untuk diletakkan dalam rumah. Penggunaannya bukan hanya untuk alasan fungsional, nilai estetis, dan pengaruh terhadap tampilan interior juga merupakan faktor penting yang sering menjadi pertimbangan. Namun, selain semua alasan tersebut, kenyamanan tetap tak boleh dilupakan.

Pastinya, nyaman pun tergantung dari berbagai faktor. Anda harus mengetahui kebiasaan, seberapa sering nantinya sofa diduduki, serta penempatan sofa tersebut. Selain itu, pikirkan pula luas ruangan dan ukuran sofa yang ingin dipilih. Tentu saja, tampilan ruangan tidak akan proporsional bila sofa yang terlalu besar diletakkan dalam ruang dengan luas terbatas. Dengan mempertimbangkan luas ruangan, jenis sofa juga dapat ditentukan, entah yang two-seater atau sectional sofa.

Memilih sofa juga harus memperhatikan postur dan lekuk tubuh agar dapat semakin nyaman saat duduk dan menghabiskan waktu. Untuk posisi terbaik, saat duduk pastikan kaki tidak menggantung, bagian dalam lutut hingga pinggul menempel pada dudukan, dan pinggul hingga kepala bisa menempel pada sandaran.

Sofa

Berikutnya, yang tak boleh dilewatkan ialah memeriksa struktur dan konstruksi sofa. Sekalipun hal ini sulit dilakukan, setidaknya usahakan untuk bertanya mengenai bahan dan mekanisme gerak kursi yang nanti dapat memengaruhi kenyamanan. Selain bagian penyusun sofa, permukaan luarnya juga merupakan faktor penting.

Bagian luar yang dimaksud ialah pelapis atau upholstery sofa. Umumnya, ada dua material yang sering digunakan, yakni kulit dan kain. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kulit pun ada yang imitasi dan asli, sementara kain memiliki ragam bahan, seperti katun atau beludru. Kulit tentunya memberi kesan mewah, tetapi dapat retak bila terdapat perubahan suhu yang ekstrem. Sebaliknya, kain lebih tahan terhadap suhu, tetapi mudah menyimpan debu karena pori-porinya yang lebar.

Meski ukuran nyaman berbeda bagi setiap orang, berbagai faktor di atas bisa dijadikan referensi saat mencari sofa terbaik di dalam rumah. Selamat menata!

Foto: Ifra, Tri

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY