Tips Memilih Tirai untuk Rumah

memilih tirai

Dalam sebuah ruang, tirai memang merupakan salah satu elemen dekoratif yang bisa menyempurnakan tampilan interior. Meski masih banyak orang yang belum menyadarinya, tirai mampu memberi kesan sekaligus menguatkan tema ruangan. Agar berhasil memaksimalkan fungsinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Saat membeli, hindari kesalahan umum yang sering terjadi. Entah itu tidak mengukur tirai dengan cermat atau memperhatikan berat tirai. Setiap ruangan tentu memiliki kekhasannya sendiri, tema, gaya, maupun aura. Jika demikian, itu berarti tiap ruang akan lebih baik memiliki tirai dengan warna dan corak yang berbeda. Namun, pastinya hal itu akan memakan banyak dana. Tak perlu khawatir, karena langkah tersebut dapat dilakukan secara perlahan dan bisa dimulai dari ruang tamu.

Usahakanlah memilih tirai yang terlihat seolah merupakan perpanjangan dari ruangan, menyatu secara alami. Alami bukan berarti tirai harus memiliki warna yang sama dengan dinding. Warna yang kontras pun menarik dan dapat memberi kesan yang unik. Cara ini bisa disesuaikan dengan berbagai tema dari vintage hingga modern. Bisa juga mendekorasi dengan tone-on-tone approach dan memunculkan kesan monolithic.

Selanjutnya, perhatikan corak dan tekstur tirai yang hendak dipilih. Tak ada salahnya mencoba motif-motif unik, seperti geometris untuk mempercantik ruangan. Bisa juga memilih tirai yang memiliki tekstur tertentu di permukaannya. Tebal tipsnya kain juga harus dipikirkan. Bila meingingkan lebih privasi, dapat memilih yang tebal.

Sementara jika tetap mau menggunakan tirai berbahan tipis, bisa dengan cara menambahkan lapisan kain lain sebelumnya. Selanjutnya, gantung tirai dengan gaya tertentu, tentunya sesuaikan dengan tampilan ruangan keseluruhan. Bisa dengan menggantungnya begitu saja atau mengikat kedua sisinya ke pinggir jendela.

Foto: Ahkamul Hakim

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY