Tips Mendesain Interior dengan Barang-Barang Koleksi

Tips Mendesain Interior dengan Barang-Barang Koleksi

Mempercantik rumah akan lebih mudah dengan hiasan atau aksesori. Namun, bila membeli hiasan terlalu membutuhkan banyak dana atau Anda tidak punya cukup waktu untuk pergi berbelanja, manfaatkan saja koleksi-koleksi lama di rumah. Koleksi tersebut bisa sangat beragam, entah itu kumpulan handlettering, piring-piring antik, atau mainan saat kecil. Semua benda tersebut dapat menjadi aksesori cantik dan meningkatkan tampilan interior. Selain itu, tampilan interior juga akan jauh lebih bermakna karena benda yang dipajang memiliki nilai personal.

Namun, seperti aksesori lain, mendesain benda-benda koleksi juga tidak bisa sembarangan. Bukan berarti ada teknis khusus, tetapi beberapa hal perlu diperhatikan untuk tampilan interior yang sempurna.

Tips Mendesain Interior dengan Barang-Barang Koleksi

Setelah berbagai koleksi tersebut dikumpulkan dan dirapikan, pilihlah benda dengan tampilan terbaik dan sesuai dengan ruangan. Tidak hanya itu, cobalah lihat dan tentukan “benang merah” atau tema dari berbagi benda yang dpilih. Hal ini penting untuk menciptakan satu kesatuan pada tampilan benda. Jangan lupa, tentukan pula satu benda yang akan menjadi focal point dari semua yang dipajang. Dengan begitu, saat menyusun dan menata benda-benda koleksi, Anda tahu tempat untuk meletakkan focal point tersebut.

Tips Mendesain Interior dengan Barang-Barang Koleksi

Sebelum memajangnya, tentukan terlebih dahulu tampilan visual yang ingin diwujudkan melalui benda koleksi ini. Bila akan dipajang di dinding, cobalah gunakan kertas dengan bentuk yang sudah dibuat menyerupai benda  saat mencari pola penataan yang tepat. Dengan cara ini, kemungkinan benda jatuh atau rusak dapat diminimalkan. Pola yang digunakan juga tidak harus terpaku pada pola yang sudah umum atau yang sering dilihat, Anda selalu dapat mencoba berbagai ide baru yang bisa jadi jauh lebih menarik dan kreatif.

Terakhir, benda koleksi biasanya akan dipajang dalam jumlah yang tidak sedikit, karena itu usahakan dinding atau area sekitarnya tidak “diramaikan” dengan hiasan lain. Seperti halnya warna terang yang harus “diredam” dengan warna netral, tampilan berbagai benda koleksi juga harus diseimbangkan dengan sisi yang kosong di sekelilingnya.

Foto: Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY