Tips Mengaplikasikan Warna Monokromatik Pada Interior

warna monokromatikSalah satu kunci keberhasilan dalam menata interior sebuah hunian adalah aplikasi warna. Pilihan warna yang tepat mampu menciptakan suasana yang nyaman dan indah dipandang. Salah satu jenis pewarnaan yang dapat Anda terapkan pada interior rumah adalah warna monokromatik.

Skema warna monokromatik merupakan perpaduan dari beberapa palet warna yang bersumber dari satu warna dengan intensitas yang berbeda. Misalnya Anda memilih warna hitam sebagai warna utama, maka selanjutnya pilihlah warna-warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna yang Anda pilih. Kemudian kombinasikan melalui berbagai elemen interior, mulai dari furnitur hingga aksesori. Gradasi warna monokromatik yang tercipta mampu menciptakan tampilan interior yang atraktif dan dinamis.

Warna Monokrom Aplikasikan warna utama yang Anda pilih pada benda atau bidang yang menjadi titik fokus pada ruangan. Misalnya warna hitam diaplikasikan pada upholstery sofa, karpet atau salah satu bidang dinding yang menonjol, agar dinding tersebut menjadi focal point pada ruangan.

Selanjutnya, aplikasikan warna sekunder pada bidang dinding lainnya, misalnya warna putih pada finishing dinding, plafon atau upholstery armchair. Adapun warna aksen seperti abu-abu atau krem bisa ditampilkan melalui elemen dekoratif seperti karpet, gordyn atau cushions.

Warna Monokrom Padu padan warna dalam satu skema warna menciptakan harmonisasi warna yang indah dipandang. Agar tak membosankan, Anda bisa memainkan elemen lighting berwarna kuning sebagai aksen untuk ‘menghidupkan’ suasana ruang.

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY