Tips Menggunakan Barang Lama untuk Dekorasi Rumah

Menggunakan Barang Lama di Rumah

Sebagian orang barangkali berpikir akan sangat sulit untuk mendapatkan benda-benda lama. Meski begitu, tema vintage tetap menarik bagi banyak orang untuk diterapkan di rumah. Dengan barang-barang tempo dulu, rumah tidak hanya menarik dari segi penampilan, kesan khas dan nuansa nostalgia juga akan kuat terpancar.

Cara termudah untuk menghadirkan tema vintage ialah dengan memanfaatkan barang bekas milik keluarga. Bila ada furnitur lama, dibandingkan dengan membuangnya bukankah lebih baik digunakan kembali? Namun, Anda tidak benar-benar langsung dapat menggunakan benda tersebut. Barang itu harus dipercantik terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara yang bisa dicoba, seperti di bawah ini. Selamat bekerja!

Menggunakan Barang Lama di Rumah

Lihat Keadaan Barang

Barang lama memang menarik secara penampilan, tapi tidak cukup hanya itu. Anda juga harus memastikan kondisi barang secara keseluruhan bila ingin menggunakannya kembali. Misal, apakah material sudah mulai rapuh, adakah bagian-bagian benda yang rusak, patah, atau hilang. Perhatikan seberapa layak benda tersebut untuk dipakai. Pertimbangkan pula opsi lainnya, seperti hanya menggunakan bagian dari benda yang masih bagus dan mengubah fungsi benda tersebut. Dengan begini, barang lama masih tetap dapat dipakai meski tidak seutuh sebelumnya.

Cat Kembali

Sebuah benda usang bisa terlihat baru hanya dengan mengecatnya kembali. Kesan kusam dan pudar bisa pun akan ikut menghilang. Untuk benda berbahan kayu, Anda juga bisa memeliturnya. Meski tidak sedikit juga orang yang mempertahankan warna asli benda untuk menonjolkan usianya. Jika demikian, kesan kuno dan antik akan semakin terasa.

Bisa pula ubah sepenuhnya tampilan dengan menghilangkan sisa-sisa pengerjaan sebelumnya pada benda, kemudian cat kembali.

Menggunakan Barang Lama di Rumah

Tambahkan Sesuatu yang Baru

Bukan tidak mungkin perabotan lama di rumah membutuhkan pegangan atau gantungan baru untuk membuatnya terlihat semakin menarik. Selain itu, tentu saja agar benda tersebut dapat digunakan dengan nyaman. Oleh sebab itu, periksa terlebih dahulu keadaan barang dan kelengkapannya sehingga tahu treatment yang dibutuhkan. Dengan begini, benda yang awalnya rusak dan ditinggalkan dapat bermanfaat kembali.

Berkreasilah!

Pintu lama yang usang memang sudah tidak bisa dipakai. Namun, dengan sedikit kreativitas pintu tersebut dapat dialihfungsikan menjadi berbagai hal. Misal, hiasan untuk headboard atau sebagai papan penyangga untuk ambalan. Tangga kayu bisa diubah menjadi side table atau rak untuk meletakkan barang.

Masih banyak ide lainnya, berkreasilah dan ciptakan benda-benda sesuai kebutuhan tanpa harus membeli barang-barang baru. Dengan begitu, tidak semua benda lama berakhir di tempat sampah. Rumah juga akan mendapat tampilan unik, baru, dan semakin berkesan.

Foto: Tri R.

LEAVE A REPLY