Tips Menggunakan Batik untuk Interior Rumah

Batik untuk Interior Rumah

Bila mendengar kata batik, sangat umum bila yang terbayang ialah sebuah pakaian. Namun, dalam talkhsow “Batik sebagai Penunjang Interior”, yang juga merupakan salah satu acara dari rangkaian Living World Asri Home Festival 2016, Sabtu (27/2) di Living World, Sakundria Wardhana memperkenalkan batik dengan fungsi yang berbeda.

Sesuai dengan tema acara, desainer interior tersebut menjelaskan fungsi dan peranan batik sebagai bagian dari interior rumah. Seperti diketahui, batik tidak hanya bisa diterapkan untuk pakaian, berbagai media kini bisa mengaplikasikan motif tradisional tersebut. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menghias rumah.

Motif batik tersebut kini dapat didesain untuk upholstery cushion, taplak meja, table runner, atau pada sofa. Kain batik itu sendiri dapat dibingkai dan dipajang sebagai hiasan atau aksesori dalam ruangan. Motif, pola, dan warnanya, sudah memungkinkan ruangan untuk terlihat cantik dan penuh warna.

Batik untuk Interior Rumah

Menurut Sakundria, bila Anda berminat untuk menggunakan batik sebagai salah satu aksen dalam interior rumah, perhatikan padu-padan atau komposisi warna yang digunakan. Untuk menambahkan kesan ceria, dapat gunakan batik berwarna cerah. Sementara untuk motif, bila ingin menghadirkan kesan yang  kekinian, pilihlah motif yang cenderung modern.

Motif tersebut juga tidak harus berdiri sendiri, motif batik dapat digabungkan dengan unsur-unsur western, menggunakan beberapa motif, atau sekadar memadukannya dengan kain polos. Kesan dan tampilan yang dihasilkan tentu akan berbeda dengan penggunaan motif yang beragam tersebut.

Batik untuk Interior Rumah

Tips berikutnya, pertimbangkan gaya  atau tema ruangan, serta sesuaikan pilihan motif dan warna yang digunakan. Seperti yang disebutkan, bila tampilan ruang terkesan modern, penggunaan motif batik pun dapat disesuaikan.

Selain itu, untuk menghindari kesan terlalu ramai, motif batik tidak harus ditempatkan dalam keseluruhan ruangan. Pilih satu atau dua sudut rumah lalu tempatkan benda dengan motif batik tersebut. Batik juga dapat diletakkan di mana saja, tetapi sebagai bentuk penghargaan dan kesopanan akan lebih baik tidak menempatkannya di lantai. “Karena dulu batik digunakan oleh para raja, jadi sebaiknya tidak menggunakannya, misal sebagai keset,” ujar Sakundria.

Bagaimana? Anda tertarik menyulap kain batik untuk hiasan di rumah

Foto: Ifran Nurdin, AZ

LEAVE A REPLY