oleh

Tips Merancang Studio Musik Pribadi Di Rumah

Bagi Anda yang gemar bermain musik atau berprofesi sebagai musisi, menghadirkan studio musik di rumah menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Sebab dengan adanya studio pribadi, Anda dapat menghemat waktu sekaligus ongkos untuk menyewa studio musik di luar. Anda pun bisa lebih leluasa dan nyaman menggunakan studio musik tanpa dibatasi waktu.

Membangun studio musik di rumah tinggal pada prinsipnya sama seperti membangun sebuah home theater. Rancangannya difokuskan pada peredam suara yang dipasang pada dinding, lantai dan plafon guna mendapatkan kualitas suara musik yang prima namun tak menciptakan bising atau mengganggu ruangan lainnya. Apa saja yang perlu disiapkan? Ini dia tipsnya!

Ukuran Studio Musik

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah menentukan lokasi studio. Demi menjaga kenyamanan aktivitas anggota keluarga lainnya, maka studio sebaiknya ditempatkan di area yang jarang dilalui orang, misalnya area basement.

Sementara untuk luas ruangan, standar ukuran studio musik yang perlu Anda sediakan sekitar 4×5 meter persegi untuk meletakkan berbagai macam alat musik seperti drum, gitar, bass, speaker dan mikrofon. Namun Anda bisa memperbesar luas ruangan jika peralatan musik yang dimiliki banyak atau ingin menambahkan area studio rekaman disebelahnya. Dengan demikian mobilitas saat beraktivitas di dalamnya terasa nyaman.

Peredam Suara

Peredam suara memiliki peranan yang penting dalam rancangan studio musik, terutama pada rumah tinggal. Sebab kebocoran suara musik akibat kualitas peredam suara yang buruk dapat mengganggu aktivitas anggota keluarga lainnya, bahkan terdengar hingga ke luar rumah.

Idealnya, dinding dan plafon terbuat dari beberapa lapisan drywall dengan penyelesaian panel kayu sebagai peredam suara. Lapisan ini juga berguna untuk mengatasi frekuensi dengung. Pertengahan frekuensi waktu gema adalah sekitar 1.2 detik dan datar dengan frekuensi.

Tinggi Plafon

Selain lapisan pada dinding dan plafon, perhatikan pula ketinggian plafon. Sebaiknya hindari jarak plafon yang terlalu tinggi. Sebab semakin tinggi plafon, maka gelombang suara akan semakin besar sehingga hasil suara atau bunyi yang dihasilkan jadi kurang memuaskan. Selain itu, dengan ketinggian plafon yang tepat, udara AC yang berputar di dalamnya jadi lebih efisien untuk mendinginkan ruangan, sehingga lebih hemat listrik.

Aksesori Studio

Agar aktivitas bermusik terasa nyaman, pilihlah penutup lantai yang nyaman dipijak, seperti karpet. Kemudian sesuaikan tone warna yang Anda pilih pada finishing dinding, lantai dan elemen interior lainnya. Terakhir, tambahkan frame foto musisi favorit Anda sebagai pemacu semangat saat bermusik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed