Tips Merawat Batu Alam Dari Gangguan Lumut

batu alamBatu alam merupakan salah satu jenis material alami yang populer digunakan sebagai bahan finishing pada bidang dinding ataupun lantai. Keindahan testur dan warnanya seakan-akan membawa suasana alam masuk ke dalam rumah. Jenis batu alam yang seringkali dipilih baik untuk elemen arsitektur ataupun interior diantaranya adalah batu palimanan, batu paras Jogja, batu andesit dan masih banyak lagi.

Batu merupakan bahan alami yang memiliki pori-pori sehingga masih bisa menyerap air yang membasahi permukaannya. Air yang masuk melalui celah atau pori-pori tersebut lambat laun akan menyebabkan munculnya lumut. Hal ini tentu saja akan mengubah tampilan dan mengurangi keindahan batu.

Untuk ‘mengusir’ lumut dari permukaan batu, Anda bisa menggosoknya dengan sikat dan menyiramnya dengan air bersih. Namun jika lumut tak kunjung hilang, gunakan cairan khusus pembersih lumut atau cairan pembersih keramik yang tersedia di pasaran. Sikat permukaan batu hingga benar-benar bersih dari lumut.

Langkah akhir, jangan lupa melapisi permukaan batu alam dengan dengan cairan coating khusus untuk menutup pori-pori pada permukaan batu alam. Lapisan coating sebaiknya diberikan secara berkala 5 hingga 6 bulan sekali karena lapisan tersebut lambat laun akan memudar.

LEAVE A REPLY