Tips Merawat Tanaman Flame of Irian

Bagi Anda pecinta tanaman hias tentu sudah tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Keindahan bentuk dan warnanya yang mencolok menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman Flame of Irian.

Flame of Irian merupakan jenis tanaman bunga tropis yang tumbuh dengan cara merambat atau menjuntai ke bawah. Itulah sebabnya tanaman yang memiliki bunga dan daun yang rapat ini sering digunakan sebagai hiasan dinding, pagar atau penutup pergola.

Perawatan flame of Irian sebenarnya cukup mudah. Lakukan penyiraman secara rutin, minimal 2 kali sehari pada awal penanaman menggunakan air yang cukup agar tanaman tumbuh subur. Berbeda dengan tanaman hias lainnya, pemupukan pada tanaman ini tak perlu dilakukan secara rutin. Anda bisa menggunakan pupuk organik di awal penanaman, lalu setelah tiga bulan gunakan pupuk kandang untuk menyuburkan pertumbuhannya.

Perawatan berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah pemangkasan. Pertumbuhan Flame of Irian relatif cepat, sehingga Anda perlu memangkas bagian pucuk yang berlebih secara berkala. Selain itu, pemangkasan juga memberikan efek tanaman jadi tumbuh lebih rimbun, terutama jika tanaman ini dimanfaatkan sebagai penutup pergola.

Foto : flickr.com

LEAVE A REPLY