Tips Mudah Membersihkan Cooker Hood

Tips Membersihkan Cooker Hood

Kebersihan bukan hal yang bisa diabaikan begitu saja, terlebih untuk area dapur dan segala benda yang ada disana. Karena itu, bersihkan semua perabotan dan peralatan di dapur secara rutin atau sesering mungkin. Membersihkan dengan rajin juga menjadi bagian perawatan yang penting untuk menjaga daya tahan benda yang yang digunakan.

Salah satunya, cooker hood. Cooker hood digunakan untuk menyerap uap atau bau-bauan yang dihasilkan dari proses memasak. Biasanya benda ini dipakai untuk dapur yang tidak memiliki jendela atau sirkulasi udara yang tidak terlalu bagus. Dengan alat ini, udara dapat lebih segar dan tidak berbau. Namun, alat tersebut termasuk benda yang mudah kotor. Karena itu, Anda harus rajin membersihkannya.

Seperti apa membersihkannya? Tidak perlu bingung, berikut cara praktis untuk membersihkan pengisap asap agar dapat bekerja lebih optimal.

Tips Membersihkan Cooker Hood

  1. Sebelum membersihkan, pastikan tidak dalam keadaan panas dan tidak tersambung dengan daya listrik. Lepaskan filter yang terdapat di bagian bawah cooker hood dengan membuka penjepitnya. Baca buku petunjuk agar tidak terjadi kesalahan dan Anda dapat membukanya dengan benar.
  2. Siapkan wadah dan isi dengan air hangat atau bisa juga gunakan sink di dapur. Masukkan baking soda dan sabun pencuci piring untuk memudahkan menghilangkan kotoran dari cooker hood. Aduk kedua bahan tersebut dalam air hangat hingga memunculkan busa sabun. Kemudian, rendam filter yang telah dilepaskan.
  3. Rendam filter secara keseluruhan sekitar 10 menit lalu gosok. Pilih penggosok yang halus sehingga tidak merusak permukaan filter. Setelah itu, keringkan dengan kain atau paper towel. Pasang kembali filter ke cooker hood bila benar-benar sudah kering.
  4. Untuk perawatan yang baik, bersihkan cooker hood setidaknya satu bulan sekali. Bila sudah terlalu lama dipakai, pertimbangkan untuk menggantinya. Saat ini, filter cooker hood banyak dijual secara terpisah.
  5. Sementara bagian luar cooker hood, lap dengan kain basah atau yang sudah dibasahi dengan produk pembersih. Lalu, lap kembali dengan kain bersih dan kering.

Bila Anda rajin membersihkan cooker hood, tidak hanya membuat benda tersebut dapat bekerja maskimal, tetapi juga mengurangi kemungkinan cooker hood memiliki kotoran yang sulit untuk dihilangkan. Jadi, jangan malas membersihkan!

Foto: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY