oleh

Tips Sederhana Menata Meja Kerja

Apakah menata meja kerja hal yang sulit untuk dilakukan? Barangkali tidak, tapi seringkali yang terjadi ialah banyak dokumen bertumpuk dan akhirnya menyulitkan diri sendiri untuk mencari yang dibutuhkan. Meja yang terlihat penuh dan berantakan juga akan memengaruhi mood saat beraktivitas. Karena itu, sekalipun hal ini terlihat sepele, meja kerja harus diatur dengan baik, entah itu di kantor ataupun di rumah.

Setiap orang tentu memiliki cara dan seleranya sendiri dalam menata. Namun, semua cara tersebut tetap harus dapat memberikan kemudahan dan kelancaran. Salah satu hal yang sangat sering ditemui di atas meja ialah berbagai kertas atau dokumen. Pertama sekali, pisahkan dokumen tersebut, dapat sesuai dengan jenis atau waktu pemakaiannya.

Menata Meja Kerja

Selain itu, tempatkan secara berbeda bagi kertas-kertas atau file yang dibutuhkan dan akan segera digunakan dengan yang tidak lagi terpakai. Keduanya dapat diletakkan dalam boks yang berbeda. Ini penting, agar meja terlihat rapi dan tentunya dapat memudahkan saat bekerja. Posisikan boks di tempat yang mudah dicapai, seperti di ujung sisi atas meja atau berdekatan dengan komputer. Di samping atau tak jauh dari boks ini, dapat ditata berbagai benda yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti kartu nama dan jadwal.

Bila ada buku referensi yang sedang dibaca, buku tersebut dapat pula ditaruh. Letakkan di sisi kiri atau kanan meja. Di sini, majalah, jurnal, buku sketsa, pensil warna, atau apa pun yang dapat memberi inspirasi dan menghilangkan kebosanan juga bisa dihadirkan. Berdekatan dengan benda-benda ini, telepon atau gadget lainnya yang dipakai dapat ditempatkan.

Sumber pemberi semangat tak ada salahnya pula untuk dipajang, foto keluarga, daftar impian, foto tempat liburan favorit, atau gambar-gambar dengan kenangan yang menyenangkan. Berbagai hiasan lainnya untuk mempercantik tampilan meja pun bisa ditambahkan, misal boneka, cermin, jam, dan tanaman. Tanaman yang dimaksud ialah tanaman berukuran kecil dan tidak berbunga, seperti kaktus atau terarium. Selain membawa suasana alam, kehadirannya mampu memberi kesegaran pada meja.

Terakhir, tapi merupakan poin yang harus selalu diperhatikan, yakni sediakan ruang kosong di atas meja untuk ruang gerak. Jangan biarkan semua permukaannya ditutupi oleh benda. Terlalu sedikit ruang kosong dapat membuat perasaan suntuk, cepat lelah, dan menimbulkan stres. Karena itu, semua yang tidak diperlukan dapat disimpan di tempat lain.

Menata Meja Kerja

 

Foto: Ahkamul Hakim, Ifran Nurdin

*dari berbagai sumber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed