Townhouse Bernuansa “Hijau”

Hunian di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan ini menjadi solusi resapan air melalui koleksi tanaman hijaunya. Konsep town house diterapkan guna menyiasati luas lahan yang sempit yakni 420 m².

Unsur ‘hijau’ terlihat pada sebatang pohon eksisting yang sekaligus berfungsi sebagai penahan terik matahari. Selain itu terdapat pula bak tanaman gantung pada dinding masif fasad sisi selatan. Sementara di sisi barat lantai 2 terdapat gazebo yang dikelilingi taman.

Split level pada bagian dalam hunian memaksimalkan kontinuitas visual dan cahaya alami. Hal tersebut diwujudkan melalui dinding penyekat tangga dan dinding area servis yang transparan berbahan kaca bening. Ketika memasuki foyer, terlihat area makan yang menyatu dengan pantri dan disekat oleh dinding kaca lebar terhadap kolam renang agar menegaskan kesan indoor-outdoor.

Ruang duduk tempat menjamu tamu didesain dengan plafon tinggi mengikuti kemiringan atap dan dilengkapi oleh taman kering di sampingnya. Sementara ruang duduk lain disebelahnya, digunakan untuk menonton TV dan bersantai dengan keluarga yang bersisian dengan kamar tidur tamu. Kamar tidur utama terletak di sebelah area makan dan kolam renang.

Material yang dipakai adalah paduan bahan alami dengan bahan pabrikasi sehingga menegaskan kesan alami, sederhana dan perawatan yang praktis. Untuk desain interior, dipilih furnitur yang simpel dan berwarna netral. Tata lampu (lighting) yang digunakan menghadirkan suasana yang “hidup”.

Liputan lengkap tentang “Townhouse Bernuansa Hijau” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 01, Januari 2012.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Lokasi : Kediaman Keluarga Rusdy Akhsan di Kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan
Konsultan Arsitektur dan Interior : Aang Wirawan
Kontraktor : Reza M. Akhsan dari Griya Remiza
Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : M. Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY