oleh

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

Menjelang dan awal tahun baru biasanya diisi dengan berbagai informasi mengenai tren yang barangkali akan digunakan oleh masyarakat selama tahun tersebut. Seperti tren warna yang tidak pernah ketinggalan untuk selalu dibahas. Berbagai pihak, dari media, perusahaan, maupun pribadi, seperti arsitek atau desainer juga memiliki pandangannya sendiri. Perusahaan manufaktur cat, Nippon Paint pun mengeluarkan tren warna terbarunya. Perusahaan tersebut menjadikan Asia sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan Tren Beyond Colour 2016/17.

Warna-warna tersebut dipilih oleh lebih dari 50 desainer professional dan ahli perwarnaan dari berbagai kawasan Asia dalam acara Asia Pacific ChromaZone Colour Forecasting Workshop 2015 yang diadakan di Jepang. Kerja sama Nippon Paint dengan Colour Marketing Group (CMG) ini berupaya untuk mengidentifikasi, memahami, dan memprediksi tren warna di tahun 2016-2017.

Menurut Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, untuk mendapatkan esensi warna Asia, Nippon Paint melakukan analisis dan riset mengenai efek warna serta bagaimana warna dapat mempengaruhi tingkah laku. Menurutnya, prediksi tren warna ini relevan untuk diaplikasikan dalam berbagai media dan industri.

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

“Sebagai Total Coatings Expert, Nippon Paint secara berkelanjutan mendobrak batasan-batasan produk cat dan warna sehingga tampil sebagai pionir dalam mendefinisi ulang palet warna Asia, menginspirasi konsumen untuk berkreasi dengan cat dan menggunakannya di berbagai medium. Warna adalah bagian penting dari budaya Asia dan Asia adalah salah satu benua dengan perkembangan yang tercepat dari segi luas maupun populasi, mencakup hampir dua pertiga dari total populasi 7 milyar penduduk dunia. Hal ini memperkuat alasan mengapa Asia memiliki palet warna tersendiri untuk mendorong tren dalam pengaplikasian ataupun berekspresi dengan warna,” ujar Jon Tan.

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

 

 

 

Esensi warna Asia tersebut diterjemahkan ke dalam sembilan warna dalam tiga tema, yakni “We are One”, “New Eco”, dan “Wonder-Lust”. Tema pertama, terdiri dari Founder Blue (NP PB 1527D), Gray Knight (NP N 2001T), dan Green Tuft (NP BGG 1666A). Tema ini menampilkan warna kekinian dan menjadi simbol budaya berkomunikasi sekarang ini yang menyatukan dunia dan meleburkan pembatas.

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

 

 

 

Sementara New Eco merupakan tema yang berusaha menerjemahkan alam Asia ke dalam tiga warna, yakni Tavern Buff (NP N 1867P), Lush (NP BGG 1605T) dan Volcanic Black (NP N 1918A). Palet warna ini menangkap keindahan pemandangan khas Asia dari masa lalu, lautan, hingga pegunungan.

Tren Warna 2016/17 dari Nippon Paint

 

 

 

Terakhir, tema yang ketiga, Wonder-Lust merupakan tema yang mewakili semangat anak muda dan budaya masa kini, “you only live once” (YOLO) yang berarti masa bagi seseorang untuk bereksplorasi menemukan keseimbangan dalam hidup. Tema Wonder-Lust diisi dengan palet warna yang cerah dan terkesan berani. Ada Being Peach (NP YO 1219T), Fast Car (NP AC 2076A), dan Blue Lullaby (NP PB 1550P).

Foto: nipponpaint-indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed