oleh

Ukuran Meja dan Kursi yang Tepat Untuk Ruang Belajar Anak

-Interior, Tips-3.943 views

Perlukah menghadirkan ruang belajar di rumah? Tentu saja perlu. Sebab aktivitas anak tak hanya sebatas bermain dan beristirahat saja. Apalagi jika Anda memiliki anak-anak yang telah memasuki usia sekolah. Meski demikian, menghadirkan ruang belajar secara khusus bukanlah suatu keharusan. Anda bisa menggabungkan fungsi area belajar menyatu dengan kamar tidurnya.

Agar aktivitas belajar terasa nyaman, telitilah dalam memilih meja dan kursi belajar yang tepat dan ergonomis, artinya furnitur tersebut sesuai dengan ukuran tubuhnya. Sesuaikan ukuran furnitur dengan usia dan tinggi badan anak.

Untuk anak usia 6-9 tahun, sebaiknya pilih kursi dengan ketinggian dudukan 14 inci atau sekitar 36cm. Kemudian ganti dengan kursi setinggi 16 inci (41cm) bila usianya mulai menginjak 10-13 tahun. Lebih dari 13 tahun, anak boleh menggunakan kursi untuk dewasa yang tinggi dudukannya 18 inci (46cm). Selain tinggi dudukan, pilih kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung yang empuk agar anak tidak merasa pegal saat harus duduk lama untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Seperti memilih kursi, desain meja pun tak kalah penting. Ketinggian ideal sebuah meja yang dapat digunakan dengan kursi setinggi 14 inci adalah 56cm. Sementara untuk kursi setinggi 16 inci, gunakan meja berukuran 61-66 cm guna mendukung kenyamanannya. Nah, sudah paham kan? Jangan sampai salah pilih furnitur ya!

Editor : Astri Diana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed