Unik, Lukisan Mix-Media Ini Terbuat Dari Barang Bekas

Sebuah karya seni yang menggunakan teknik penggabungan dua atau beberapa material akan terlihat lebih unik dan menarik. Namun nilainya akan semakin bertambah tatkala material yang digunakan merupakan benda yang sudah tak terpakai, yang diolah kembali menjadi sesuatu yang menarik. Hal inilah yang dikerjakan oleh seorang pekerja seni, Muljadi Suhadi yang biasa disapa Kokon, melalui hasil karyanya.

Ada kancing, kertas, kawat, benang, plastik, logam, aneka aksesori, painting oil, kayu sampai stainless steel semua dapat “bertemu” dalam satu bingkai (frame). Bahan-bahan tersebut merupakan material yang sudah tak terpakai lagi tetapi dengan paduan teknik lukis dan padu padan yang apik maka jadilah sebuah karya kontemporer, sebuah karya mix-media yang indah

Hasil karyanya ini dikategorikan sebagai mixmedia dengan teknik kolase, yang memadukan objek lukisan yang memakai cat minyak untuk sentuhan-sentuhan seninya yang dipadukan dengan material lainnya sesuai dengan tema sehingga menghasilkan satu karya lukis utuh dalam suatu bingkai yang menarik, mulai dari yang berukuran terkecil yaitu 30 cm x 40 cm sampai ukuran terbesar 190 cm x 150 cm.

Melukis mixmedia seperti ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena dituntut kejelian untuk memilih material dan warna yang tepat. Pelukis harus dapat memakai “rasa” yang peka karena ada bagian yang harus di-touch-up dengan memberikan sentuhan warna untuk mempertegas dimensi. Dalam hal ini, Kokon menggunakan cat minyak dengan teknik yang berbeda-beda, ada yang menggunakan teknik plotot dan ada yang menggunakan teknik sapuan kuas.

Secara keseluruhan, hasil karya tersebut termasuk kontemporer, yang bertumpu pada kreativitas pelakunya. Kokon “merangkai” berbagai material daur ulang tersebut dalam satu bingkai lukisan yang dapat “bercerita” banyak. Menurutnya, setiap lukisan memiliki makna suka cita, pesan-pesan perdamaian, dan ungkapan kasih sayang.

Koleksi : Mulyadi Suhardi

Foto : Ifran Nurdin

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY