Untung Rugi Teknik Aeroponik Dalam Hidroponik

aeroponikAeroponik merupakan satu diantara enam teknik penanaman hidroponik. Berbeda dengan teknik hidroponik lainnya, teknik aeroponik menanam di udara dimana akar terkespos langsung di udara.

Teknik ini tidak membutuhkan media yang menopang akar tanaman. Akar akan mendapatkan air dan nutrisi dari butiran-butiran larutan nutrien yang menyerupai kabut, yang disemprotkan (pengkabutkan) secara berkala. Sehingga sistem aeroponik memungkinkan Anda untuk menghemat air dan pupuk serta proses pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dibandingkan teknik hidroponik lainnya.

Ada dua jenis teknik aeroponik, yakni aeroponik bertekanan rendah (low pressure aeroponic atau LPA) dan aeroponik bertekanan tinggi (high pressure aeroponic atau HPA). Teknik yang paling umum digunakan adalah teknik LPA, sebab proses pengerjaannya sangat mudah dan sederhana. Dari tandon atau reservoir pompa menyemprot akar tanaman yang menggantung melalui sprinkle. Kemudian tetesan air pada akar akan kembali lagi ke tandon.

Dengan menggunakan teknik aeroponik bertekenan rendah, tanaman memang tumbuh subur, namun sayangnya sistem ini tidak efisien. Tekanan yang rendah membuat sprinkle tidak dapat menghasilkan semprotan yang halus dan penyemprotan pun tidak tepat sasaran.

Berbeda halnya dengan sistem HPA yang mampu menghasilkan semprotan kabut yang halus, sehingga membuat nutrisi dan air lebih mudah diserap dan akar dapat mengambil oksigen dengan optimal. Selain itu, jangkauan semprotannya pun lebih luas dan efektif dibandingkan teknik LPA. Sayangnya, teknik HPA ini tergolong rumit dan membutuhkan biaya yang mahal. Oleh sebab itulah teknik aeroponik bertekanan tinggi tidak cocok diterapkan oleh pemula.

Meskipun lebih rumit dan mahal, teknik aeroponik mampu menghasilkan tanaman yang subur, karena lingkungan mikro dari aeroponik benar-benar dapat dikontrol. Selain itu, berdasarkan penelitian NASA, dengan menggunakan teknik aeroponik, tanaman dapat mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 80% dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh pada hidroponik lain, serta hanya membutuhkan ¼ nutrisi yang digunakan dibandingkan dengan hidroponik lain.

Foto : aeroponicssystems

Baca juga artikel tentang Wick System

LEAVE A REPLY