Villa Tantangan: Serpihan Surga Kecil di Bali

Villa Tantangan terletak di Bali Selatan, sekitar 30 menit dari kawasan bisnis Seminyak atau kurang lebih 1 jam dari Bandara Ngurah Rai. Berlokasi di pesisir Pantai Nyanyi yang menghadap Samudra Hindia, Villa Tantangan bagaikan serpihan “surga kecil” yang dijatuhkan dari langit ke Pulau Dewata, Bali.

Villa yang berada di di atas lahan seluas 6500 m2 ini hadir dengan balutan keindahan alam Pulau Bali yang membuatnya tampak begitu eksklusif. Selain berada di pesisir Samudra Hindia, panorama Villa Tantangan dihiasi gunung berapi di kejauhan yang menambahk keeksotisannya. Ditambah lagi, terdapat kuil di sekitar bangunan villa yang semuanya memberikan persaaan damai, tenang, dan lega.

Villa Ramah Lingkungan karya Arsitek Valentina Audrito

Desain Villa Tantangan dibuat oleh Valentina Audrito, seorang arsitek asal Italia. Bangunan yang lokasinya jauh dari keramaian itu sangat sesuai untuk tempat peristirahatan yang tenang dan nyaman, tempat pelarian dari pekerjaan rutin sehari-hari dan hiruk-pikuk kota.

Berada di daerah yang kurang memiliki fasilitas umum membuat Villa Tantangan dirancang sejak awal agar dapat beroperasi secara mandiri. Keperluan listrik untuk Villa Tantangan disuplai dengan panel-panel surya. Sistem penampungan air hujan dirancang agar dapat mendaur ulang air hujan agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan villa.

Desain Villa Tantangan juga dirancang Valentina agar bangunan hemat energi dan listrik. Ruang-ruang terbuka dengan pola bangunan terpisah membuat cahaya dan udara alami dapat diperoleh dengan mudah. Dengan demikian penggunaan cahaya lampu dan penggunaan AC dapat dikurangi secara signifikan.

Material Bambu di Villa Tantangan

Untuk mewujudkan desain yang alami, Valentina menggunakan banyak material bambu di Villa Tantangan. Sebagai material bangunan, bambu memiliki karakter yang kuat dan tahan lama. Bambu dapat digunakan sebagai elemen rangka maupun elemen estetis.

Kehadiran bambu di Villa Tantangan banyak digunakan pada dinding yang juga berfungsi sebagai pembatas ruang-ruang terbuka. Susunan bambu vertikal tidak menutup ruangan secara masif, tetapi juga dapat menahan angin pantai yang cukup besar.

Liputan lengkap tentang “Villa Tantangan: Serpihan Surga Kecil di Bali” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 04, April2012.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

Owner: Laurent Dubois
Architect: Valentina Audrito
Design Firm: Word of Mouth
Design Team: Fika Herdiani, Dewi Arianti
Project Consultant: Robin Bimantoro
Interior Designer: Josette Plismy
Landscape Designer: John Pettigrew
Lighting Consultant: Reginal Worthington
ESD Consultant: Frederik Stimmel
MEP Contractor: Witala Jaya Abadi
Civil Contractor: Edi Soroso

Penulis: Qisthi Jihan
Fotografer: Ahkamul Hakim
Co-Writer: Sumardiono

LEAVE A REPLY