Waste4Change, Wujudkan Masyarakat Indonesia Peduli Sampah

sampahWaste4Change adalah kewirausahaan sosial yang berdiri sejak tahun 2013 dan memberikan solusi terhadap permasalahan sampah, dengan prinsip perubahan perilaku dan pengelolaan yang bertanggung jawab. Dari hasil riset Waste4Change, data Dinas kebersihan DKI Jakarta & Kementerian Lingkungan Hidup RI ditemukan data bahwa sampah setiap hari yang dihasilkan di Jakarta saja lebih dari 6.000 ton, sama dengan berat 30 ekor paus biru dewasa.

Sampah memiliki banyak dampak negatif, cairan yang dihasilkan sampah dapat mencemari lingkungan seperti air dan tanah, tumpukan sampah di sungai meyebabkan banjir, gunungan sampah di TPA juga bisa mengakibatkan longsor, dan banyak lagi hal-hal buruk yang bisa ditimbulkannya.

sampah

Apa yang bisa dilakukan? Kurangi sampah, sejak dari sumbernya. Caranya dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, dan mendaur ulangnya. Lakukan juga metode pemilahan sampah, pisahkan sampah yang mudah membusuk dan sulit membusuk. Komposkan sampah yang mudah membusuk, manfaatkan untuk tanaman. Sedangkan untuk sampah yang sulit membusuk seperti kertas, kardus, dan lain-lain sumbangkan ke tempat barang bekas, tempat daur ulang atau ke pemulung.

“Kami ingin mewujudkan masyarakat Indonesia yang bertanggung jawab atas sampahnya, menempatkan sampah sebagai prioriotas hidup dan adanya perubahan perilaku yang dapat meminimalkan timbunan sampah di TPA.” ujar  Annisa Paramita, Operation Manager Waste4Change. Social enterprise ini diinisiasi oleh Greeneration Indonesia dan ecoBali Recycling atas urgensi akan pengelolaan sampah yang lebih baik di Indonesia.

sampahWaste4Change memiliki empat fokus usaha utama yakni antara lain consult (konsultasi, riset, dan studi pendahuluan mengenai sampah yang dihasilkan dan cara menanganinya), campaign (edukasi dan kampanye Bijak Kelola Sampah pada berbagai acara), collect (mengumpulkan sampah yang telah dipilah dan mengangkutnya secara berkala),  dan create (memaksimalkan potensi barang dengan melakukan recycling dan upcycling untuk mengurangi beban di TPA).

sampah

Waste4Change

Alamat:

Alun-Alun Utara, Bumipala Vida Bekasi Padurenan (Grand Bekasi//Bumi Alam Hijau)

Mustikajaya, Bekasi Timur 17156

Email: info@waste4change.com

Website: waste4change.com

Twitter: @waste4change

Instagram: waste4change

Facebook: Waste4Change

LEAVE A REPLY