Wow, Beton ‘Anti Banjir’ Ini Efektif Menyerap Air

beton anti airSifatnya yang kuat dan tahan lama menjadikan beton sebagai material yang sering digunakan untuk pembangunan rumah tinggal ataupun bangunan hires. Namun, tahukah Anda bahwa beton juga berguna sebagai ‘penangkal’ banjir saat musim hujan tiba?

Sebuah video berdurasi 2 menit 22 detik yang dilansir oleh Daily Mail menunjukkan material beton yang tengah diuji pada sebuah lahan parkir mampu menyerap 880 galon berisi sekitar 4000 liter air dalam waktu satu menit. Tumpahan air tersebut hilang seketika saat menyentuh permukaan beton.

Permeable Topmix memang berbeda dari karakteristik beton pada umumnya. Beton ini dirancang dengan lapisan permukaan berpori sehingga memungkinkan air mengalir melalui matriks kerikil yang relatif besar menuju puing longgar di bawahnya. Sehingga tak ada lagi air yang tergenang pada permukaannya.

beton anti airRevolusi beton ini tentu saja menjadi solusi yang efektif untuk menanggulangi masalah banjir yang kerap terjadi saat musim hujan tiba. Beton ini mampu menunda debit air masuk ke dalam sistem draine sehingga mengurangi resiko genangan air yang berlebih.

Di Indonesia, teknologi serupa sebenarnya juga sudah dikembangkan oleh salah satu produsen semen terkemuka. Beton ini bahkan sudah diaplikasikan pada sejumlah area publik seperti landasan pacu Bandara Juanda, Surabaya serta area trotoar di wilayah Jakarta. Beton tersebut disebut mampu menyerap air sebanyak 66 liter per meter persegi.

Foto : Daily Mail

LEAVE A REPLY