Wow, Indahnya Taman Di Atap Gedung Museum Kepresidenan!

Museum Kepresidenan merupakan bangunan museum terbaru milik negara yang dibangun di Kota Bogor. Menempati sebagian area dari Istana Bogor, museum ini merupakan satu tujuan wisata edukasi yang menginformasikan profil dan prestasi seluruh Presiden RI yang pernah menjabat.

Wujud bangunan tiga lantai yang mencirikan karakter bangunan modern minimalis tersebut berdiri megah dengan hampir sebagian besar bangunan tertutup kaca. Atap datar yang berada di lantai tiga difungsikan sebagai ruang terbuka yang “disulap” menjadi taman untuk kegiatan outdoor gathering.

Dirancang oleh Wiek Wiralaras, taman atap yang memiliki view ke arah Gunung Salak ini menerapkan konsep tropical garden dengan sentuhan modern. Plaza berbentuk persegi yang permukaan lantainya sengaja ditinggikan, ditujukan untuk lebih memberi dimensi pandang yang luas dan mengelilingi ke seluruh area. Namun, untuk memberi fokus, di ujung plaza ditempatkan water wall yang seolah-olah berperan sebagai penegas batas terhadap view dan ruang.

Beberapa pohon ditanam berjajar di sepanjang plaza untuk memberikan kesan ritmik dan pengarah untuk memberi fokus dan arahan terhadap orientasi ruang. Pohon ketapang kencana yang direkomendasikan oleh Bapak SBY tersebut dipilih karena pohon tersebut memiliki tajuk yang simetris dengan kanopi yang meneduhi area luas.

Adapun jenis tanaman lain yang dipilih adalah tanaman tropis yang memiliki eksotika daun dan bunga yang memiliki toleransi terhadap cahaya matahari langsung serta hujan yang tinggi intensitasnya di Kota Bogor.

*Artikel ini disadur dari artikel berjudul “Menghijaukan Atap Di Gedung Museum Kepresidenan” oleh Viva Rahwidyasa di majalah Asri edisi Mei 2015.

Foto : Ifran Nurdin
Lanskap : Wiek Wiralaras

LEAVE A REPLY