Yuk Eksplorasi Kebudayaan Betawi Di Setu Babakan!

Salah satu ruang terbuka hijau (RTH) yang menjadi tempat resapan sekaligus menjadi tempat rekreasi serta mempunyai lingkungan yang baik di Jakarta adalah Setu Babakan. Setu Babakan atau Danau Babakan berlokasi di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan ditetapkan Pemda DKI Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi secara berkesinambungan. Tempat ini berfungsi sebagai pusat perkampungan budaya Betawi. Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Setu Babakan juga dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan pergelaran seni ataupun budaya.

Di samping itu, Setu Babakan menyajikan wisata yang tak kalah menarik yakni wisata danau. Dua danau yakni Mangga Bolong dan Babakan, yang terdapat di kampung sekitar Setu Babakan biasanya dimanfaatkan oleh warga kota untuk memancing atau sekadar untuk tempat bersenda gurau dan menikmati suasana sejuk di pinggir danau. Selain itu, warga kota juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau.

Hal baru yang ditawarkan dari Setu Babakan adalah dua jembatan gantung yang baru dibangun sehingga pengunjung dapat menyinggahi pulau buatan yang berada di tengah setu ini. Di kawasan ini banyak ditanami pohon buah-buahan seperti mangga, palem, melinjo, rambutan, jambu, kecapi, jamblang, krendang, guni, nangka cimpedak, dan nam-nam.

Di setu dan perkampungan ini juga terdapat banyak kuliner khas Betawi ditawarkan antara lain kerak telor, toge goreng, arum manis, rujak bebek, soto betawi, es potong, es duren, bir pletok, nasi uduk, dan nasi ulam. Selain itu, tempat ini juga menyajikan wisata budaya berupa rumah-rumah khas Betawi. Kesenian yang masih ada di wilayah ini antara lain lenong, tari topeng, tanjidor, marawis, gambang kromong, tari Lenggang Nyai, dan tari Narojeng.

Kehadiran setu babakan ini tidak hanya menawarkan keasrian alam yang sejuk dan wisata budaya yang memesona saja, tetapi juga dapat memupuk rasa kecintaan kita terhadap budaya bangsa.

Foto : Didan Sardjono

 

LEAVE A REPLY