Yuk, Mendetoks Kamar!

Anda sering bersin-bersin dan batuk-batuk di dalam kamar dan merasa lebih baik ketika berada di luar ruangan? Bisa jadi kamar Anda penuh dengan toksin. Ingat, dari 24 jam Anda menghabiskan sekitar sepertiga waktu Anda dalam satu hari di dalam kamar. Untuk anak-anak bahkan bisa setengah hari mereka melakukan aktivitas di dalam kamar.

Dr. Neil B. Kavey, ketua dari Sleep Disorders Center di Columbia-Presbyterian Medical Center, New York mengatakan “Tidur adalah waktu ketika tubuh melakukan banyak perbaikan, memulihkan jaringan otot. Pada anak-anak hormon pertumbuhan berproses ketika anak-anak tidur.”

Karena itu penting untuk menciptakan ruang yang bebas dari racun agar tubuh Anda dapat melakukan tugasnya dengan baik dari mulai meningkatkan daya tahan tubuh, mengembalikan energi mental, meningkatkan kinerja secara keseluruhan dari mulai otot bagian dalam hingga permukaan kulit. Sebisa mungkin kamar Anda terbebas dari tungau, zat-zat berbahaya dan medan elektromagnetik. Yuk, mendetoks kamar, jangan sampai kamar tidur Anda menjadi sarang kuman dan penyakit.

Pilih Kasur Organik

Kasur organik biasanyahypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi , tahan serangga bebas bahan kimia dan antimikroba. Selain kasur juga perhatikan bantal dan guling, karena benda tersebutlah yang paling sering berhubungan langsung dengan tubuh Anda. Jika Anda tidak memungkinkan untuk membeli kasur baru, Anda bisa membeli seprai berbahan katun organik, bahannya mudah menyerap kelembaban tubuh selama tidur. Seprai ini membantu Anda terhindar dari bahan kimia yang ada di kasur yang tidak sehat.

Penyaring Udara

Beruntunglah jika kamar Anda terdapat jendela yang berhadapan ke luar rumah. itu berarti siklus pergantian udara dapat terjadi dengan baik. Namuin, tidak semua orang memiliki kamar yang ada jendela keluar. Untuk itu Anda membutuhkan air purifier untuk meminimalisir polutan di dalam ruangan. Alat ini dapat menyaring partikel udara yang dapat membantu menghilangkan zat-zat kimia dalam ruangan dan aroma tidak sedap.

Tanaman

Menaruh tanaman di dalam kamar efektif meningkatkan kualitas udara dalam ruang. Salah satu tanaman yang bisa diletakkan di kamar ialah Lidah Mertua (Sansevieria), karena mampu mengkonversi karbondioksida menjadi oksigen di malam hari. Tanaman ini dapat mengurangi keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC.

Jauhkan Perangkat Elektronik

Handphone yang diletakkan di samping Anda tidur tentu akan mengganggu tidur Anda. Lebih baik gunakan alarm berupa jam weker dibanding mengatur alarm di handphone Anda. Anda bisa terpapar sinar radiasi yang membuat Anda sulit tidur. Jangan pernah mengisi baterai handphone Anda di dekat Anda tidur. Jauhkan juga perangkat elektronik lainnya seperti laptop. Letakkan saja di ruang kerja Anda.

Sumber: mightynest

Foto: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY